Abiyyah, Dhiya (2025) Pengembangan lembar kerja elektronik bagi peserta didik (E-LKPD) Berbasis kontekstual pada materi bahasa arab di Mts 1 kerinci. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Abstrak-1.pdf Download (534kB) |
![]() |
Text
Bab 1-1.pdf Download (671kB) |
![]() |
Text
Bab 5-1.pdf Download (457kB) |
![]() |
Text
Bab 5-1.pdf Download (457kB) |
![]() |
Text
Cover-1.pdf Download (357kB) |
![]() |
Text
Daftar pustaka-1.pdf Download (754kB) |
![]() |
Text
Skripsi_Bahasa arab_dhiya abiyyah_A1B321041 Finaly-1.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
![]() |
Text
CamScanner 30-05-2025 15.41.pdf Download (242kB) |
Abstract
Latar belakang pada penelitian ini menunjukan Keterbatasan bahan ajar pada materi bahasa arab yang membuat siswa hanya mendapat sumber belajar dari penjelasan guru membuat siswa kesulitan untuk memahami pembelajaran yang di ajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Untuk mengetahui proses mengembangkan E-LKPD berbasis Pendekatan Kontekstual di MTsN 1 Kerinci. Untuk mengetahui Nilai Validitas E-LKPD berbasis Pendekatan Kontekstual di MTsN 1 Kerinci. Untuk mengetahui Nilai Kepraktisan pengembangan E-LKPD berbasis Pendekatan Kontekstual di MTsN 1 Kerinci. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D). Penelitian R&D merupakan penelitian yang bertujuan untuk memperoleh suatu produk dengan menguji keefektifan dari produk tersebut. Model penelitian ini menggunakan Model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluation). Prosedur-prosedur dalam metode ini akan menghasilkan suatu produk yang lebih baik, sebagaimana yang disinggung salah satu sumber di atas yaitu efektif. Hasil Penelitian Mengembangkan E-LKPD berbasis Pendekatan Kontekstual di MTsN 1 Kerinci dilakukan dengan tahapan: Tahap Analisis, terdiri dari Analisis Materi, Analisis Kurikulum. Validitas E-LKPD berbasis Pendekatan Kontekstual di MTsN 1 Kerinci dilakukan oleh dua orang dosen. Pada Tahap Validitas ahli media diperoleh angka kevalidan sebesar 90% atau dengan rata-rata 3,6 dengan kategori Sangat Valid. Selanjutnya oleh ahli materi diperoleh tingkat kevalidan sebesar 84% pada materi perlengkapan sekolah atau dengan rata-rata 3,35 dengan kategori Sangat Valid. Kepraktisan Pengembangan E-LKPD berbasis Pendekatan Kontekstual di MTsN 1 Kerinci diperoleh presentase 69,8% dengan kategori Sangat Praktis. Uji Praktikalitas oleh guru diperoleh presentase total sebesar 81,7% dengan kategori Sangat Praktis.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-LKPD, Kontekstual, Bahasa arab |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Arab |
Depositing User: | DHIYA ABIYYAH |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 02:06 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 02:07 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/78830 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |