Putri, Adelia (2025) Pengaruh Penggunaan Media Sosial Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa Kelas XI SMA Negeri 11 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (182kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (328kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (21kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (239kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN .pdf Download (475kB) |
Abstract
Putri,Adelia. 2025 . Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Gaya Hidup Ter-hadap Perilaku Konsumtif Siswa Kelas XI SMA Negeri 11 Kota Jambi. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dr. Siti Syuhada, S.Pd., M.E., (II) Hidayatul Arief, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Penggunaan Media Sosial, Gaya Hidup, Perilaku Konsumtif Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya perilaku konsumtif di ka-langan remaja, khususnya siswa SMA, yang dipengaruhi oleh perkembangan me-dia sosial dan gaya hidup modern. Media sosial menjadi sarana informasi dan hiburan yang mempengaruhi pola konsumsi siswa yang cenderung mengikuti tren daripada kebutuhan nyata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif siswa kelas XI SMA Negeri 11 Kota Jambi, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif asosiatif dan jenis penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 11 Kota Jambi dengan jumlah sampel sebanyak 177 siswa yang diambil menggunakan teknik random sampling. In-strumen pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriftif, uji validitas dan reliabili-tas, uji prasyarat analisis (uji normalitas, linearitas, multikolinearitas, dan het-eroskedastisitas), analisis regresi linear berganda, uji t (uji parsial), uji F (uji sim-ultan), dan uji koefisien determinasi (R²), yang seluruhnya dilakukan dengan ban-tuan program SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, penggunaan media sosial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif siswa, sedangkan gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif siswa. Secara simultan, penggunaan media sosial dan gaya hidup berpengaruh signif-ikan terhadap perilaku konsumtif siswa kelas XI SMA Negeri 11 Kota Jambi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa meskipun media sosial memiliki pengaruh negatif terhadap perilaku konsumtif siswa, gaya hidup justru berkontri-busi positif terhadap meningkatnya kecenderungan konsumtif. Oleh karena itu, penting bagi siswa untuk memiliki kesadaran dalam menggunakan media sosial secara bijak dan mengelola gaya hidup agar tidak terjebak dalam perilaku kon-sumtif yang merugikan secara finansial maupun psikologis. Putri, Adelia. 2025. The Influence of Social Media Use and Lifestyle on Consumptive Behavior of Grade XI Students of SMA Negeri 11 Kota Jambi. Thesis of Economic Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, University of Jambi. Advisor: (I) Dr. Siti Syuhada, S.Pd., M.E., (II) Hidayatul Arief, S.Pd., M.Pd. Keywords: Use of Social Media, Lifestyle, Consumptive Behavior This research is motivated by the increasing consumptive behavior among teenagers, especially high school students, which is influenced by the development of social media and modern lifestyles. Social media is a means of information and entertainment that influences student consumption patterns that tend to follow trends rather than real needs. The purpose of this study is to determine the influence of social media use and lifestyle on consumptive behavior of grade XI students of SMA Negeri 11 Kota Jambi, both partially and simultaneously. This study uses a quantitative approach with an associative descriptive method and an ex post facto research type. The population in this study were all students of class XI of SMA Negeri 11 Kota Jambi with a sample size of 177 students taken using random sampling techniques. The data collection instrument used a questionnaire. The data analysis technique in this study used descriptive analysis, validity and reliability tests, analysis prerequisite tests (normality, linearity, multicollinearity, and heteroscedasticity tests), multiple linear regression analysis, t-test (partial test), F-test (simultaneous test), and determination coefficient test (R²), all of which were carried out with the help of the SPSS version 20 program. The results showed that partially, the use of social media had a negative and significant effect on students' consumptive behavior, while lifestyle had a positive and significant effect on students' consumptive behavior. Simultaneously, the use of social media and lifestyle had a significant effect on the consumptive behavior of class XI students of SMA Negeri 11 Kota Jambi. The conclusion of this study is that although social media has a negative influence on students' consumer behavior, lifestyle actually contributes positively to increasing consumer tendencies. Therefore, it is important for students to be aware of using social media wisely and managing their lifestyle so as not to get caught up in consumer behavior that is detrimental financially and psychologically.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Social Media Usage, Lifestyle, Consumptive Behavior |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works Universitas Jambi (UNJA) > Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ADELIA PUTRI |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 06:37 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 06:37 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/78877 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |