PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR

HASANAH, USWATUN PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR. jurnal PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR.

[img] Text
cover.pdf

Download (27kB)
[img]
Preview
Image
pengesahan.jpg

Download (494kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (10kB)

Abstract

ABSTRAK Hasanah, Uswatun. 2019. Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kerjasama Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembiming: (I) Drs. Andi Suhandi, S.Pd, M.Pd.I., (II) Muhammad Sofwan, S.Pd, M.Pd., Kata kunci: Model Project Based Learning, Kerjasama Penelitian ini berlatar belakang bahwa kerjasama sangat diperlukan dalam proses pembelajaran terlebih lagi dalam kelompok, dengan adanya kerjasama dalam kelompok siswa akan saling membantu dalam menyelesaikan suatu pekerjaaan, melatih siswa untuk saling bertukar pikiran dalam menyelesaikan pekerjaannya, akan terjalin komunikasi yang baik antarsiswa, dan memudahkan siswa dalam menghadapi suatu permasalahan dalam pemelajaran. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada siswa kelas IV pada saat proses pembelajaran berlangsung, menunjukkan bahwa banyak siswa yang tidak saling membantu dalam mengerjakan tugas kelompok, kurangnya komunikasi siswa dalam mengerjakan tugas kelompok, siswa masih main-main dalam mengerjakan tugas kelompok, dan siswa memilih-milih teman dalam pembentukan kelompok. Hal ini menunjukkan kerjasama siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama siswa kelas IV dengan menggunakan model Project Based Learning pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan dengan empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data yang diambil dalam penelitian ini yaitu berupa data observasi melalui lembar observasi aktivitas guru menggunakan model Project Based Learning dan lembar observasi sikap kerjasama siswa selama proses pembelajaran. Hasil Penelitian menunjukkan penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan kerjasama siswa. Berdasarkan lembar observasi kerjasama siswa menunjukkan adanya peningkatan, dengan hasil persentase sikap kerjasama siswa 64% dengan kategori cukup baik pada siklus I dan 84% dengan kategori baik pada siklus II.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: USWATUN HASANAH
Date Deposited: 23 Apr 2019 01:26
Last Modified: 23 Apr 2019 01:26
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7891

Actions (login required)

View Item View Item