Pola Penggunaan Media Sosial di Kalangan Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi.

Oktaviana, Vivi (2025) Pola Penggunaan Media Sosial di Kalangan Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. S1 thesis, Bimbingan dan Konseling.

[img] Text
Full Skripsi Vivi Oktaviana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (115kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan, Halaman Pengesahan.pdf

Download (216kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (214kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (141kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB)

Abstract

Perkembangan globalisasi dan teknologi telah mendorong perubahan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk cara individu berinteraksi dan mengakses informasi. Media sosial menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat, terutama di kalangan mahasiswa, dengan platform seperti WhatsApp, Instagram, dan TikTok yang digunakan untuk komunikasi, hiburan, serta pencarian informasi. Penelitian ini bertujuan untuk menderskripsikan pola penggunaan media sosial di kalangan mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Jambi angkatan 2021, 2022, dan 2023. Sampel penelitian terdiri 94 responden, dengan penarikan sampel menggunakan Stratified Random Sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket dan data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif untuk melihat kecenderungan pola penggunaan media sosial di kalangan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penggunaan media sosial mahasiswa berada dalam kategori tinggi (76,19%), indikator pengalihan (76,49), indikator identitas diri (68,46%), indikator pengawasan (83,66%) dan hubungan personal (81,86%) sebagai aspek yang paling dominan. Temuan ini menunjukkan bahwa mahasiswa mengandalkan media sosial untuk memantau informasi akademik dan menjaga hubungan sosial. Namun, terdapat dampak negatif seperti kecanduan media sosial, perilaku phubbing, dan Fear of Missing Out (FoMO) yang dapat memengaruhi kesehatan mental dan akademik mahasiswa. Dengan demikian, penelitian ini merekomendasikan agar mahasiswa lebih selektif dalam penggunaan media sosial, program studi mengintegrasikan literasi digital dalam kurikulum, serta penelitian lanjutan dilakukan untuk mengkaji dampak psikologis dan akademik dari penggunaan media sosial secara lebih mendalam. Kata Kunci: Media Sosial, Pola Penggunaan, Kesehatan Mental

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Vivi Oktaviana
Date Deposited: 03 Jun 2025 08:23
Last Modified: 03 Jun 2025 08:23
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/79000

Actions (login required)

View Item View Item