UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUICK ON THE DRAW PADA MATERI BESARAN DAN SATUAN DI KELAS X MIA1 SMA AL- FALAH KOTA JAMBI

SETIANTO, SYDIK DWI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUICK ON THE DRAW PADA MATERI BESARAN DAN SATUAN DI KELAS X MIA1 SMA AL- FALAH KOTA JAMBI. JURNAL UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUICK ON THE DRAW PADA MATERI BESARAN DAN SATUAN DI KELAS X MIA1 SMA AL- FALAH KOTA JAMBI.

[img] Text
1. COVER SKRIPSI SYDIK.pdf

Download (128kB)
[img] Text
3. HALAMAN PENGESAHAN SYDIK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI SYDIK.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (86kB)

Abstract

ABSTRAK Setianto, Sydik Dwi. 2018. Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Quick On The Draw Pada Materi Besaran dan Satuan di Kelas X MIA1 SMA Al-Falah Jambi: Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Menza Hendri, M. Pd, (II) Drs. Darmaji, M. Si Kata kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Quick On The Draw Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran dan rendahnya hasil belajar Fisika siswa di kelas X MIA1 SMA Al- Falah Jambi. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru fisika di kelas X MIA1, penyebab rendahnya hasil belajar adalah siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran, siswa kurang memahami konsep dan siswa belum mampu belajar mandiri. Strategi yang digunakan guru dalam kegiatan pembelajaran selama ini belum mampu meningkatkan keaktifan siswa. Untuk mengatasi permasalahan ini dilakukan upaya dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Quick On The Draw. Strategi pembelajaran ini dapat mendorong kerja sama dalam kelompok dan melatih kecepatan. Dalam hal ini siswa ditantang untuk dapat bekerja sama dalam masing-masing kelompok menyelesaikan beberapa set pertanyaan. Kelompok pertama yang dapat menyelesaikan pertanyaan dianggap menang. Tantangan yang diberikan dapat menciptakan kompetisi yang bersahabat dan dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi pembelajaran aktif tipe Quick On The Draw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Fisika siswa di kelas X MIA1 SMA Al- Falah Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus melalui tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Peningkatan aktivitas siswa terlihat dari rata-rata persentase aktivitas siswa pada siklus I 50,20 % meningkat pada siklus II menjadi 67,70 % dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 88,85 %. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I 67,50 dengan jumlah siswa yang berhasil sebanyak 11 orang (36,67%) meningkat pada siklus II menjadi 72,50 dengan jumlah siswa yang berhasil 18 orang (60,00%), kemudian meningkat lagi pada siklus III menjadi 77,50 dengan jumlah siswa yang berhasil 23 orang (76,66%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Quick On The Draw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Fisika siswa di kelas X MIA1 SMA Al- Falah Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Depositing User: SYDIK DWI SETIANTO
Date Deposited: 30 Apr 2019 07:42
Last Modified: 30 Apr 2019 07:42
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7914

Actions (login required)

View Item View Item