PEENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM FISIKA DASAR I BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION PADA MATERI PENGUKURAN MATA KULIAH FISIKA DASAR I

Darmaji, Darmaji and Astalini, Astalini and agus kurniawan, dwi and Hidayaturrahman, Hidayaturrahman (2019) PEENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM FISIKA DASAR I BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION PADA MATERI PENGUKURAN MATA KULIAH FISIKA DASAR I. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
1. Halaman Sampul.pdf

Download (210kB)
[img] Text
4. Halaman Pengesahan Tim Penguji.pdf

Download (315kB)
[img] Text
9. Daftar Isi.pdf

Download (319kB)
[img] Text
13. BAB I.pdf

Download (526kB)
[img] Text
17. BAB V.pdf

Download (201kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan penuntun praktikum Fisdas I berbasis keterampilan proses dengan model coopertative learning tipe group investigation dan untuk mengetahui respon serta keterampilan mahasiswa saat menggunakan penuntun praktikum yang telah dikembangkan. Jenis yang di gunakan adalah research and development dengan model ADDIE. Subjek uji coba kelompok kecil adalah mahasiswa mengontrak mata kuliah Fisdas I berjumlah 10 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket respon dan lembar observasi. Hasil penelitian pengembangan adalah produk yang berupa penuntun praktikum Fisdas I berbasis keterampilan proses dengan model cooperative learning tipe group investigation pada materi pengukuran, yang telah divalidasi dengan skor 3,27 kategori setuju sedangkan angket respon mahasiswa terhadap penuntun memiliki nilai r=0,87 dengan tingkat reliabilitas sangat tinggi. Hasil observasi memperlihatkan keterampilan proses yang dimiliki mahasiswa kategori baik hingga sangat baik pada setiap kegiatan percobaan.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Depositing User: HIDAYATURRAHMAN
Date Deposited: 11 Jul 2019 01:14
Last Modified: 11 Jul 2019 01:14
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7919

Actions (login required)

View Item View Item