Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Children’s Learning in Science (CLIS) pada Siswa Kelas VB SDN 34/I Teratai

oktaria, lusi (2019) Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Children’s Learning in Science (CLIS) pada Siswa Kelas VB SDN 34/I Teratai. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
HALAMAN SAMPUL-dikonversi.pdf

Download (56kB)
[img] Text
20190504(2)[1].pdf

Download (852kB)
[img] Text
daftar isi, gambar, tabel.pdf

Download (82kB)
[img] Text
bab i.pdf

Download (137kB)
[img] Text
bab v.pdf

Download (67kB)

Abstract

Berdasarkan observasi dan tes pemahaman konsep IPA ditemukan permasalahan rendahnya pemahaman konsep IPA siswa. Setelah dianalisis ditemukan bahwa penyebabnya yaitu karena proses mengajar yang dilakukan guru di dalam kelas umunya dilakukan secara konvensional, Selain itu siswa belum terlibat aktif (pasif), Informasi yang diterima oleh siswa yaitu melalui penjelasan dari guru dan satu sumber belajar, dan guru belum menggunakan strategi yang bervariasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran Children’s Learning in Science (CLIS) untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA pada siswa kelas VB SD Negeri 34/I Teratai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep IPA dengan menggunakan model pembelajaran Children’s Learning in Science (CLIS) pada siswa kelas VB SD Negeri 34/I Teratai Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis & Taggart yang terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas VB SD Negeri 34/I Teratai yang dilaksanakan pada 16 Januari s.d 08 Februari 2019. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi (sebagai data primer) dan lembar tes (sebagai data sekunder). Kemudian data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan teknik statistika deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran IPA. Pada kondisi awal nilai rata-rata siswa adalah 57,17, pada siklus I nilai rata-rata siswa mencapai 74,13. Kemudian setelah dilakukan perbaikan, pada tindakan siklus II meningkat menjadi 77,24. Sebelum dilaksanakan penelitian siswa yang memperoleh nilai mencapai KKM sebanyak 10 siswa (34,48%). Pada siklus I siswa yang memperoleh nilai mencapai KKM sebanyak 14 siswa (53,33%). Pada siklus II siswa yang memperoleh nilai mencapai KKM sebanyak 20 (76,00%). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Children’s Learning in Science (CLIS) dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa di kelas VB SD Negeri 34/I Teratai sehingga dapat digunakan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran IPA. dengan demikian disarankan kepada guru agar dapat menerapkan model pembelajaran Children’s Learning In Science (CLIS) yang mampu untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran IPA.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: LUSI OKTARIA
Date Deposited: 06 May 2019 01:35
Last Modified: 06 May 2019 01:35
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7920

Actions (login required)

View Item View Item