ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA KOMIK IKATAN KIMIA DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 10 KOTA JAMBI

SARAH, HERMALIZA and Syahri, Wilda and Bakar, Abu (2019) ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA KOMIK IKATAN KIMIA DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 10 KOTA JAMBI. JURNAL ANALISIS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (181kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (97kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (275kB)

Abstract

Hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh anak setelah melalui kegiatan belajar. Model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan tersebut adalah model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD). Untuk meningkatkan keefektifan model tersebut perlu adanya bantuan media pembelajaran yaitu media komik pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) berbantuan media komik ikatan kimia dan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan campuran dengan jenis model penemuan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu pemilihan sampel berdasarkan pertimbangan dan didapatlah kelas X MIPA 4. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dari guru maupun siswa dan tes soal essai. Adapun untuk menilai hasil tes essai siswa digunakan rubric penialain tes essai. Keterlaksanaan yang didapatkan terlaksana dengan baik, yang ditunjukkan dengan hasil presentasi keterlaksanaan pembelajaran oleh siswa pada setiap pertemuan setiap pertemuan. Sebesar 71,20% untuk pertemuan pertama, 75,89% pada pertemuan kedua, 77.03% pada pertemuan ketiga dengan rata-rata sebesar 74,70% yang masuk dalam kategori baik dan nilai determinasi 0,61 atau 61% dengan kategori kuat. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif STAD berbantuan media komik ikatan kimia terlaksana baik dengan nilai rxy = 0,78 dan memberikan pengaruh yang kuat terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 10 Kota Jambi. Kata kunci : Analisis, Student Team Achievement Division (STAD), Hasil Belajar, Ikatan Kimia

Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: HERMALIZA SARAH
Date Deposited: 06 May 2019 01:35
Last Modified: 06 May 2019 01:35
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7921

Actions (login required)

View Item View Item