ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) DANPENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERILAJU REAKSI KELAS XI MIPA SMA NEGERI 4 KOTA JAMBI

SULISTIOWATI, MEI ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) DANPENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERILAJU REAKSI KELAS XI MIPA SMA NEGERI 4 KOTA JAMBI. JURNAL ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) DANPENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERILAJU REAKSI KELAS XI MIPA SMA NEGERI 4 KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.docx

Download (57kB)
[img]
Preview
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg

Download (611kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (137kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (93kB)

Abstract

ABSTRAK Sulistiowati, Mei. 2019. Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Laju Reaksi dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kelas XI MIPA di SMA Negeri 4 Koa Jambi.Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing I: Drs. Fuldiaratman, M.Pd, Pembimbing II: Aulia Sanova,S.T,M.Pd. Kata kunci: Model Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Berpikir Ktiris, , Laju reaksi dan factor-faktor yang mempengaruhi. . Dalam kegiatan belajar mengajar dibutuhkan model pembelajaran yang mampu merangsang keaktifan dan kemampuan berpikir kritis siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry). Model pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry). dapat diterapkan pada materi laju reaksi dan faktor-faktor yang mempengaruhi untuk memberikan siswa lebih banyak waktu berpikir, merespon dan saling membantu dalam menyelesaikan permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keterlaksanaan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dan pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi laju reaksi dan fakor-fakor yang mempengaruhi kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Kota Jambi. Jenis penelitian ini Quasi Experiments. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Instrumen penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ada 2 yaitu teknik analisa data kualitatif menggunakan Miles and Huberman yang diperoleh dari keterlaksanaan model oleh guru, dan teknik analisis data kuantitatif dari keterlaksanaan model oleh siswa dan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan korelasi Product Moment dilanjutkan dengan uji-t. Keterlaksanaan model pembelajaran oleh siswa memiliki persentase sebesar 64,22% dikategorikan baik dan persentase kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 63,93% dikategorikan cukup baik. Hubungan keterlaksanaan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dengan kemampuan berpikir kritis siswa dikategorikan sangat kuat dengan rata-rata rxy= 0,924 dan terdapat pengaruh keterlaksanaan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan thitung = 14,1574 > ttabel = 2,028 pada α = 5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh keterlaksanaan model pembelajaran Inkuiri Terbimbin (Guided Inquiry) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi laju reaksi dan faktor-faktor yan mempengaruhi di kelas XI SMA Negeri 4 Kota Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Depositing User: MEI SULISTIOWATI
Date Deposited: 07 May 2019 04:32
Last Modified: 07 May 2019 04:32
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7922

Actions (login required)

View Item View Item