IMPLEMENTASI PERANGKAT PEMBELAJARAN PBL TERINTEGRASI STEM BERBASIS KEARIFAN LOKAL (GASINGAN) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Zen, Fadhila (2025) IMPLEMENTASI PERANGKAT PEMBELAJARAN PBL TERINTEGRASI STEM BERBASIS KEARIFAN LOKAL (GASINGAN) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA. S1 thesis, Pendidikan Fisika.

[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (246kB)
[img] Text
SKRIPSI FADHILA ZILFA ZEN (A1C321031).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (318kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (284kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (133kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa melalui implementasi perangkat pembelajaran PBL terintegrasi STEM pada materi dinamika rotasi di SMA Negeri 11 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan desain non-equivalent control group. Sampel terdiri dari dua kelas: XI F3 sebagai kelas kontrol dan XI F4 sebagai kelas eksperimen di SMA Negeri 11 Kota Jambi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan model PBL terintegrasi STEM berbasis kearifan lokal (Gasingan), sementara kelas kontrol mendapat pembelajaran konvensional. Data diperoleh melalui pretest dan posttest untuk mengukur keterampilan berpikir kreatif siswa, lalu dianalisis secara kuantitatif. Implementasi perangkat pembelajaran PBL terintegrasi STEM berbasis kearifan lokal pada materi dinamika rotasi terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa di SMA Negeri 11 Kota Jambi. Hal ini ditunjukkan melalui uji statistik, baik dengan SPSS maupun perhitungan manual menggunakan Microsoft Excel. Nilai signifikansi pada uji Paired Sample t-Test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara data pretes dan postes serta penilaian diri sebelum dan setelah diberi perlakuan pada kelas eksperimen. Dibandingkan dengan kelas kontrol, peningkatan keterampilan berpikir kreatif di kelas eksperimen lebih tinggi, yang menunjukkan bahwa penggunaan perangkat pembelajaran tersebut memberi dampak positif terhadap proses pembelajaran fisika, khususnya pada topik dinamika rotasi. Kata Kunci: Implementasi, Problem Based Learning, STEM, Kreatif

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: ZEN
Date Deposited: 05 Jun 2025 07:17
Last Modified: 05 Jun 2025 07:18
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/79324

Actions (login required)

View Item View Item