Wati, Mela and Ekawati, Yun Nina and Andriani, Annisa (2025) HUBUNGAN INTELLECTUAL HUMILITY GURU DENGAN KREATIVITAS GURU DALAM MENGAJAR. S1 thesis, Psikologi.
![]() |
Text
MELA WATI_G1C119068.pdf Download (13MB) |
![]() |
Text
COVER_Mela.pdf Download (33kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN_MELA WATI.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK_MELA WATI.pdf Download (77kB) |
![]() |
Text
BAB I_MELA WATI.pdf Download (204kB) |
![]() |
Text
BAB V_MELA WATI.pdf Download (68kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA_MELA WATI.pdf Download (145kB) |
Abstract
ABSTRAK LATAR BELAKANG: Rendahnya kualitas pendidikan merupakan akar permasalahan pendidikan di Indonesia. Pengaruh yang paling dominan ialah tenaga pengajar yaitu guru, terutama guru SD. Guru SD berperan penting dalam membentuk pengetahuan dan keterampilan dasar anak. Guru dengan Intellectual Humility yang mumpuni, ia dapat memahami batas pengetahuannya, sehingga ia mau berkembang dan mau memikirkan cara agar peserta didik mudah paham. Maka dari itu, Intellectual Humility mempunyai tempat yang penting dalam kreativitas diri guru, sebab guru yang kreatif ialah individu yang ingin mencoba hal baru dan terbuka terhadap apa yang tidak diketahui. TUJUAN: Untuk menganalisis hubungan antara Intellectual Humility dengan kreativitas guru dalam mengajar. METODE: Penelitian kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh guru SD yang terdaftar pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan berdomisili di Provinsi Jambi. Subjek penelitian sebanyak 100 orang yang dipilih menggunakan Teknik Purposiv sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan ialah Comprehensive Intellectual Humility Scale (CIHS) dan skala kreativitas mengajar guru. Analisis data menggunakan Pearson’s Product Moment. HASIL: Penelitian menemukan adanya hubungan positif dan signifikan antara Intellectual Humility dengan kreativitas guru dalam mengajar dengan tingkat koefisien korelasi sebesar 0.945 dan p value <0,001. KESIMPULAN: Terdapat korelasi positif signifikan antara Intellectual Humility dengan kreativitas guru dalam mengajar. Artinya semakin tinggi Intellectual Humility seorang guru maka semakin tinggi pula kreativitasnya dalam mengajar, begitu juga sebaliknya. KATA KUNCI: Intellectual Humility, Kreativitas Guru, SD (Sekolah Dasar)
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Depositing User: | WATI |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 04:04 |
Last Modified: | 12 Jun 2025 04:04 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/79373 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |