Rerika, Munita (2025) Pengaruh Intensitas Penggunaan Tiktok Terhadap Perilaku Fear Of Missing Out pada mahasiswa PPKn angkatan 2024 Universitas Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Daftar Pustaka (1).pdf Download (311kB) |
![]() |
Text
BAB V (1).pdf Download (118kB) |
![]() |
Text
BAB I (5).pdf Download (291kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text
Cover (3).pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan (1).pdf Download (313kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK (1).pdf Download (85kB) |
Abstract
Seiring dengan kemajuan teknologi, internet telah mengubah cara interaksi sosial masyarakat, berdampak pada tingginya penggunaan aplikasi TikTok di kalangan mahasiswa PPKn angkatan 2024 Universitas Jambi. Fenomena ini berhubungan dengan perilaku FoMO yang bertentangan dengan nilai karakter integritas. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak intensitas penggunaan TikTok terhadap perilaku FoMO mahasiswa, dengan memperhatikan nilai karakter integritas. Metode pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Jambi angkatan 2024 dengan jumlah 106 mahasiswa. Sampel penelitian ini berjumlah 84 mahasiswa yang dipilih menggunakan teknik random sampling dengan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti berupa angket yang disebarkan kepada responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana,yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh intensitas penggunaan aplikasi TikTok terhadap perilaku FoMO serta nilai karakter integritas mahasiswa. Berdasarkan analisis data menggunakan SPSS Versi 26 menunjukkan bahwa variabel intensitas penggunaan TikTok memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku FoMO mahasiswa PPKn Universitas Jambi, dengan P-Value < sig alpha (0.000 < 0.05). Besar pengaruhnya mencapai 42%, sementara faktor lainnya yang mempengaruhi tidak dibahas dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian ini Perilaku FoMO yang berlebihan bertentangan dengan nilai integritas yang mengedepankan kejujuran dan pengendalian diri, sehingga penting bagi mahasiswa untuk menggunakan media sosial secara bijak dengan membatasi waktu penggunaan dan mengembangkan pola pikir mandiri agar dapat menghindari dampak negatif FoMO dan membangun karakter yang kuat di era digital. Along with technological advances, the internet has changed the way people interact socially, resulting in the high use of the TikTok application among PPKn students of the 2024 batch at Jambi University. This phenomenon is related to FoMO behavior that is contrary to the character values of integrity. This study aims to explore the impact of the intensity of TikTok use on students' FoMO behavior, by paying attention to the character values of integrity. The method in this study uses a quantitative approach with a survey method. The population in this study were students of the Pancasila and Citizenship Education study program, Jambi University, class of 2024, totaling 106 students. The sample of this study was 84 students who were selected using a random sampling technique with the Slovin formula. The data collection technique used by the researcher was a questionnaire distributed to respondents. The data analysis technique used was simple regression analysis, which aims to determine how much influence the intensity of TikTok application use has on FoMO behavior and students' character values of integrity. Based on data analysis using SPSS Version 26, it shows that the variable of TikTok usage intensity has a significant influence on the FoMO behavior of PPKn students at Jambi University, with P-Value <sig alpha (0.000 <0.05). The magnitude of the influence reaches 42%, while other influencing factors are not discussed in this study. From the results of this study, excessive FoMO behavior is contrary to the values of integrity that prioritize honesty and self-control, so it is important for students to use social media wisely by limiting usage time and developing an independent mindset in order to avoid the negative impacts of FoMO and build a strong character in the digital era.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn |
Depositing User: | MUNITA |
Date Deposited: | 11 Jun 2025 03:42 |
Last Modified: | 11 Jun 2025 03:43 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/79444 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |