Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web LearningApps Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab di MTsS Nurul Ihsan Pemunduran Kabupaten Muaro Jambi

Raidah, Zilva (2025) Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web LearningApps Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab di MTsS Nurul Ihsan Pemunduran Kabupaten Muaro Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (583kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (742kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (718kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (488kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (928kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (691kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Zilva, Raidah. 2025. Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web LearningApps Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab di MTsS Nurul Ihsan Pemunduran Kabupaten Muaro Jambi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Jurusan Bahasa dan Sastra, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. KA. Rahman, M. Pd.I., (II) Agung Yusup, M. Ed. Kata Kunci : Media Pembelajaran Interaktif, LearningApps, Hasil Belajar, Bahasa Arab Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media pembelajaran interaktif berbasis web LearningApps dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Arab MTsS Nurul Ihsan Pemunduran. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian pre-eksperimental one-group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar setelah penggunaan LearningApps. Nilai rata-rata siswa meningkat dari 64,96 menjadi 85,93. Berdasarkan uji paired sample t-test diperoleh nilai signifikansi < 0,05 yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest. Dengan demikian, penggunaan LearningApps terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Arab. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis teknologi di lingkungan pendidikan madrasah. Zilva, Raidah. 2025. Application of Interactive Learning Media Based on Web LearningApps in Improving Arabic Language Learning Outcomes at MTsS Nurul Ihsan Pemunduran, Muaro Jambi Regency. Thesis, Arabic Language Education Study Program, Department of Language and Literature, FKIP Jambi University, Supervisor (I) Dr. KA. Rahman, M. Pd.I., (II) Agung Yusup, M. Ed. Keywords: Interactive Learning Media, LearningApps, Learning Outcomes, Arabic Language This study aims to determine the application of LearningApps web-based interactive learning media in improving Arabic learning outcomes of MTsS Nurul Ihsan Pemunduran. The method used is quantitative with a pre-experimental one-group pretest-posttest research design. The data collection technique is done through the initial test (pretest) and the final test (posttest). The analysis results showed an increase in learning outcomes after the use of LearningApps. The students' average score increased from 64.96 to 85.93. Based on the paired sample t-test, the significance value <0.05 was obtained, indicating a significant difference between the pretest and posttest results. Thus, the use of LearningApps proved effective in improving Arabic learning outcomes. This research contributes to the development of technology-based interactive learning media in the madrasah education environment.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Media Pembelajaran Interaktif, LearningApps, Hasil Belajar, Bahasa Arab
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Arab
Depositing User: ZILVA RAIDAH
Date Deposited: 16 Jun 2025 07:38
Last Modified: 16 Jun 2025 07:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/79491

Actions (login required)

View Item View Item