Implementasi Perangkat Pembelajaran PBL Terintegrasi STEM Berbasis Kearifan Lokal (Gong Buleuh) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.

Siahaan, Anggrek Adewina (2025) Implementasi Perangkat Pembelajaran PBL Terintegrasi STEM Berbasis Kearifan Lokal (Gong Buleuh) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (206kB)
[img] Text
halaman persetujuan dan pengesahan.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (220kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (208kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA + LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)
[img] Text
Skripsi_Anggrek Adewina Siahaan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika, khususnya pada materi gelombang bunyi, yang disebabkan oleh kurangnya keterkaitan antara materi pembelajaran dengan kehidupan nyata serta kurang optimalnya penerapan model pembelajaran yang mendorong keterlibatan aktif siswa. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan perangkat pembelajaran PBL terintegrasi STEM berbasis kearifan lokal (Gong Buleuh) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas XI IPA di SMA Negeri 8 Kota Jambi, masing-masing berjumlah 30 siswa. Kelas eksperimen menerapkan perangkat pembelajaran PBL terintegrasi STEM berbasis kearifan lokal (Gong Buleuh), sedangkan kelas kontrol menggunakan perangkat pembelajaran PBL tanpa integrasi. Instrumen penelitian berupa soal pretest dan posttest digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa. Analisis data dilakukan melalui uji-t sampel berpasangan dan uji-t sampel independen dengan bantuan software SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Uji-t sampel berpasangan menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 dengan effect size besar (Cohen’s d = 7,76), sementara uji-t sampel independen menunjukkan perbedaan signifikan antara kedua kelas dengan nilai signifikansi 0,000 dan effect size sebesar 1,78. Temuan ini menunjukkan bahwa integrasi kearifan lokal dan pendekatan STEM dalam model PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa, serta relevan untuk diterapkan dalam pembelajaran fisika guna mendukung peningkatan kualitas pendidikan di sekolah menengah. Kata kunci : PBL, STEM, kearifan lokal, gelombang bunyi, hasil belajar

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PBL, STEM, kearifan lokal, gelombang bunyi, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ANGGREK ADEWINA SIAHAAN
Date Deposited: 11 Jun 2025 07:10
Last Modified: 11 Jun 2025 07:10
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/79509

Actions (login required)

View Item View Item