Implementasi Asas Transparansi Dalam Pelayanan Aie Bersih Pada PDAM Unit Metro Mendalo

Pirsada, Elga Alif (2025) Implementasi Asas Transparansi Dalam Pelayanan Aie Bersih Pada PDAM Unit Metro Mendalo. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI ELGA ALIF PIRSADA .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
COVER ELGA.pdf

Download (11kB)
[img] Text
LMBR PERSETUJUAN ELGA.pdf

Download (8kB)
[img] Text
ABSTRAK ELGA.pdf

Download (12kB)
[img] Text
BAB I ELGA.pdf

Download (590kB)
[img] Text
BAB IV ELGA.pdf

Download (183kB)
[img] Text
DAPUS ELGA.pdf

Download (421kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi asas transparansi dalam pelayanan air bersih yang dilakukan oleh PDAM Unit Metro Mendalo. Transparansi menjadi prinsip penting dalam pelayanan publik guna membangun kepercayaan masyarakat serta meningkatkan kualitas layanan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan hukum normatif dan yuridis empiris dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PDAM telah menerapkan prinsip-prinsip administrasi publik, seperti transparansi, akuntabilitas, dan keadilan, bahwa prosedur penyambungan baru telah dilaksanakan secara transparan dan tidak diskriminatif, meskipun terdapat keluhan mengenai ketidakjelasan waktu pemasangan. PDAM telah memenuhi prinsip keterbukaan informasi sesuai standar pelayanan publik, termasuk dalam hal biaya, prosedur, dan hak pelanggan. Namun, tarif air belum memenuhi standar nasional atau full cost recovery, meskipun masyarakat menilai tarif saat ini masih terjangkau. PDAM menerapkan kategori tarif yang berbeda (sosial, niaga, non-niaga) berdasarkan fungsi penggunaan air. Penelitian ini memberikan peningkatan transparansi waktu pemasangan sambungan baru, penyesuaian tarif bertahap menuju pemulihan biaya penuh, serta optimalisasi efisiensi operasional untuk menjaga kualitas layanan tanpa membebani masyarakat. Temuan ini berkontribusi pada pengembangan literasi hukum administrasi dan praktik tata kelola pelayanan publik yang akuntabel. Kata Kunci: Transparansi, Pelayanan Publik, PDAM, Air Bersih.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Transparansi, Pelayanan Publik, PDAM, Air Bersih.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: ELGA ALIF PIRSADA
Date Deposited: 12 Jun 2025 01:51
Last Modified: 12 Jun 2025 01:52
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/79567

Actions (login required)

View Item View Item