Hairunisa, Melia (2025) Pembinaan Anak Berkonflik Dengan Hukum Pada Tindak Pidana Pengeroyokan Di Alyatama Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (831kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (461kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (240kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (312kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (160kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (226kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dan menganalisis sejauh mana program pembinaan yang dilakukan oleh Balai Rehabilitasi Sosial Alyatama Jambi berhasil dalam merubah perilaku anak menjadi lebih baik, serta menganalisis faktor-faktor yang menghambat pembinaan terhadap Anak Berkonflik dengan Hukum Pelaku Tindak Pidana Pengeroyokan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Yuridis Empiris dengan fokus kepada pengumpulan data dalam bentuk narasi, wawancara, observasi, dan analisis terhadap konteks sosial yang terjadi di dalam Balai Rehabilitasi Sosial Anak Alyatama Jambi. Spesifikasi penelitian ini menggunakan desktiptif yaitu fakta- fakta sosial. Bahan-bahan hukum yang digunakan adalah bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pihak Balai Rehabilitasi Sosial Alyatama Jambi telah melaksanakan Pembinaan terhadap Anak yang Berkonflik dengan Hukum (ABH) sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak (UU SPPA) serta Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Pembinaan dilakukan dengan memperhatikan prinsip keadilan restorative, pemenuhan hak anak, serta pendekatan yang mengutamakan perlindungan, Pendidikan, dan reintegrasi sosial,sebagaimana tercantum dalam Pasal 1 Ayat (2) dan Pasal 64 Ayat (2) Undang-Undang Perlindungan Anak. Hal ini tercermin dari pelaksanaan program yang meliputi kegiatan Pendidikan, keterampilan, layanan Kesehatan, pendampingan psikologis, serta pelibatan keluarga dalam proses rehablitasi sosial. The purpose of this study is to evaluate and analyze the extent to which the coaching program carried out by the Alyatama Jambi Social Rehabilitation Center is successful in changing children's behavior for the better, and to analyze the factors that hinder coaching for Children in Conflict with the Law Perpetrators of Criminal Acts of Assault. The method used in this study is Empirical Jurisprudence with a focus on collecting data in the form of narratives, interviews, observations, and analysis of the social context that occurs in the Alyatama Jambi Child Social Rehabilitation Center. The specifications of this study use descriptive, namely social facts. The legal materials used are primary legal materials, secondary legal materials, and tertiary legal materials. The results of the study show that the Alyatama Jambi Social Rehabilitation Center has implemented Guidance for Children in Conflict with the Law (ABH) in accordance with the provisions stipulated in Law Number 11 of 2022 concerning the Juvenile Criminal Justice System (UU SPPA) and Law Number 23 of 2002 concerning Child Protection. Guidance is carried out by paying attention to the principles of restorative justice,fulfillment of children's rights, and an approach that prioritizes protection,education, and social reintegration, as stated in Article 1 Paragraph (2) and Article 64 Paragraph (2) of the Child Protection Law. This is reflected in the implementation of programs that include education activities, skills, health services,psychological assistance, and family involvement in the social rehabilitation process.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guidance, Children in Conflict with the Law, Criminal Acts of Assault, Child Protection |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | HAIRUNISA |
Date Deposited: | 12 Jun 2025 04:28 |
Last Modified: | 12 Jun 2025 04:28 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/79702 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |