MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING PELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 80/I MUARA BULIAN

hana, mel and Maryono, Maryono and Eka Putri, Andi Gusmaulia (2025) MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING PELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 80/I MUARA BULIAN. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan (JiiP), 8 (4). ISSN 2614-8854

[img] Text
PUBLISH JURNAL MELHANA.pdf

Download (201kB)
Official URL: https://www,jurnal.syntaxliterate.co.id/

Abstract

Melhana. 2025. Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Menggunakan Model PjBL Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV Di SDN 80/I Muara Bulian: Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Maryono, M. Pd., (II) Andi Gusmaulina Eka Putri, M. Pd., Kata kunci : PjBL, IPAS, Keaktifan Belajar. Penelitian ini mendeskripsikan bagaimana meningkatkan keaktifan belajar peserta didik menggunakan model PjBL Pada Pembelajaran IPAS kelas IV Di SDN 80/I Muara Bulian. Penelitian ini dilakukan di SDN 80/I Muara Bulian 2025, Pada kelas IV dengan subjek penelitianya yakni peserta didik kelas III dan guru kelas. Penelitian ini merupakan Penelitian tindakan kelas (PTK), Penghimpunan data penelitian diperoleh dengan Observasi, Wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Menggunakan Model PjBL Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV Di SDN 80/I Muara Bulian. Penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa model yang diterapkan secara bertahap mampu meningkatkan keaktifan belajar peserta didik dari siklus ke siklus. Dimana ditandai indikator keaktifan belajar yang meningkat dari siklus I pertemuan pertama pada kategori kurang yaitu 66%, siklus I pertemuan kedua kategori cukup dengan persentase 74%, meningkat menjadi kategori baik yakni 81,5% di pertemuan satu di siklus II, hingga akhirnya naik menjadi kategori sangat baik dan mendapat persentase rata-rata 91% di siklus II pada pertemuan kedua. Hal tersebut membuktikan model PJBL yang diterapkan pada pembelajaran IPAS pada materi kekayaan budaya Indonesia dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik.

Type: Article
Uncontrolled Keywords: PjBL, IPAS, Keaktifan Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: MELHANA
Date Deposited: 12 Jun 2025 08:43
Last Modified: 12 Jun 2025 08:43
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/79703

Actions (login required)

View Item View Item