PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS TPACK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPAS PADA PESERTA DIDIK FASE B KELAS IV SD NEGERI SENTANG

Zahroh, Lailatuz (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS TPACK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPAS PADA PESERTA DIDIK FASE B KELAS IV SD NEGERI SENTANG. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Judul.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Judul.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pengesahan.pdf

Download (971kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (486kB)
[img] Text
DAFPUS.pdf

Download (1MB)
[img] Text
TESIS FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

ABSTRAK Zahroh, Lailatuz. 2025. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis TPACK untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPAS pada Peserta Didik Fase B Kelas IV SD Negeri Sentang. Program Studi Magister Pendidikan Dasar, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (1) Prof. Dr. Drs. Sukedro, M.Kes AIFO, (2) Dr. Indryani, S.Pd., M.Pd.I. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektifitas penerapan model pembelajaran inovatif Problem Based Learning (PBL) berbasis TPACK yang belum pernah ada sebelumnya di SD Negeri Sentang. Keaktifan yang menjadi fokus pada penelitian ini adalah keterampilan abad 21 (communicative, collaborative, critical thinking, collaboration, Characterize, dan Citizenship) dan serta hasil asesmen sumatif . Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus yang dilakukan secara berulang dan berkelanjutan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 12 peserta didik. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi saat proses pembelajaran dan tes. Hasil penelitian menunjukkan Peningkatan keaktifan dapat dilihat dari rata-rata nilai pada siklus I pertemuan I adalah 2,90 dengan predikat baik, meningkat signifikan pada siklus II pertemuan 2 menjadi 3,82 dengan predikat sangat baik. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari ketuntasan klasikal belajar peserta didik dari rata-rata nilai pada siklus I pertemuan 1 adalah 50% dan meningkat signifikan pada siklus II pertemuan 2 menjadi 91,67%. Dari data tersebut dapat disimpulkan model PBL Berbasis TPACK dalam dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Model PBL, TPACK, Keaktifan, dan Hasil Belajar IPAS.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Model PBL, TPACK, Keaktifan, dan Hasil Belajar IPAS
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Universitas Jambi (UNJA) > Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > A General Works > AC Collections. Series. Collected works

A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Universitas Jambi (UNJA) > Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > A General Works > AS Academies and learned societies (General)

L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: LAILATUZ ZAHROH
Date Deposited: 12 Jun 2025 07:29
Last Modified: 12 Jun 2025 07:30
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/79733

Actions (login required)

View Item View Item