PEMBELAJARAN MODEL PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) DAN PENGARUHNYA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

NURHAYATI, LILIS PEMBELAJARAN MODEL PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) DAN PENGARUHNYA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. ajurnal PEMBELAJARAN MODEL PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) DAN PENGARUHNYA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA.

[img] Text
cover.pdf

Download (13kB)
[img] Text
lembar pengesahan.docx

Download (306kB)
[img] Text
daftar isi.docx

Download (23kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (174kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (84kB)

Abstract

ABSTRAK Nurhayati, Lilis. 2019. Pembelajaran Model Predict Observe Explain (POE) dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Materi Larutan Penyangga. Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Dosen Pembimbing (I): Prof. Dr. M. Rusdi, S.Pd., M.Sc dan Pembimbing (II): Dra. Fatria Dewi, M.Pd Kata kunci: Predict Observe Explain, Keterampilan Proses Sains dan Larutan Penyangga Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya keterampilan proses adalah model pembelajaran yang digunakan guru belum memunculkan keterampilan proses sains secara maksimal. Salah satu alternatif untuk mengembangkan keterampilan proses sains peserta didik adalah dengan menggunkan model pembelajaran predict obseve explain (POE). Pada model pembelajaran POE ini peserta didik diarahkan dan diajak menemukan sendiri konsep pengetahuan dari pengamatan melalui metode praktikum atau eksperimen di laboratorium Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran predict obseve explain dan pengaruhnya terhadap keterampilan proses sains pada materi sistem larutan penyangga kelas XI MIPA SMAN 10 Kota Jambi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah adalah pendekatan campuran (mixed method) dengan jenis model sequential exploratory (model urutan penemuan). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Terdapat satu kelas yang digunakan sebagai sampel yaitu XI MIPA 4. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi keterlaksanaan model dan lembar observasi keterampilan proses sains. Korelasi keterlaksanaan model predict obseve explain dengan keterampilan proses sains peserta didik dicari dengan korelasi product moment. Keterlaksanaan model predict obseve explain oleh guru dan peserta didik telah terlaksana sesuai prinsip model predict obseve explain setiap pertemuannya. Korelasi Keterlaksanaan model predict obseve explain terhadap keterampilan proses sains dikategorikan sangat kuat dengan rata-rata 0.86. Dengan Koefisien determinasinya = r2 = 0.86. Hal ini berarti terdapat pengaruh penggunaan model predict observe explain (POE) sebsesar 74% terhadap keterampilan proses sains peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model predict obseve explain di kelas XI MIPA 4 SMAN 10 Kota Jambi sudah terlaksana dengan baik serta terdapat pengaruh yang positif oleh guru dan peserta didik dan keterampilan proses sains peserta didik sudah muncul.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Depositing User: LILIS NURHAYATI
Date Deposited: 27 May 2019 02:30
Last Modified: 27 May 2019 02:30
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7975

Actions (login required)

View Item View Item