PEMBELAJARAN MODEL STM (SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT) SERTA PENGARUHNYA TERHADAP LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI REAKSI REDOKS

WAHYUNINGSIH, SRI PEMBELAJARAN MODEL STM (SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT) SERTA PENGARUHNYA TERHADAP LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI REAKSI REDOKS. JURNAL PEMBELAJARAN MODEL STM (SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT) SERTA PENGARUHNYA TERHADAP LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI REAKSI REDOKS.

[img] Text
cover.pdf

Download (114kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (53kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (113kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (63kB)

Abstract

ABSTRAK Wahyuningsih, Sri. 2019. Pembelajaran Model STM (Sains Teknologi Masyarakat) Serta Pengaruhnya Terhadap Literasi Sains Siswa Pada Materi Reaksi Redoks. Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing I: Prof. Dr. M Rusdi, S.Pd., M.Sc , Pembimbing II: Dra. Fatria Dewi, M.Pd Kata kunci: STM, Literasi Sains dan Reaksi Redoks. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurikulum 2013 dimana, penguatan pola pembelajaran berpusat pada siswa. Siswa diharapkan mampu mengkonstruksikan pemikirannya sendiri berdasarkan pola pembelajaran bermakna dengan literasi sains. Salah satu model yang mampu mengembangkan kemampuan literasi sains siswa dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran STM (Sains Teknologi Masyarakat). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan model STM (Sains Teknologi Masyarakat) dan pengaruhnya terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi redoks kelas XI MIPA SMAN Titian Teras H.Abdurrahman Sayoeti. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan jenis model sequential exploratory ( model urutan penemuan). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Purposive sampling yaitu kelas X MIPA 2. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan model STM baik dari guru maupun siswa dan soal tes essay kemampuan literasi sains siswa. Untuk melihat pengaruh keterlaksanaan model pembelajaran STM dengan kemampuan literasi sains siswa dilakukan uji korelasi. Keterlakasanaan pada model STM (Sains Teknologi Masyarakat) yang didapat terlaksana dengan baik. Hal ini ditunjukkan dengan hasil presentasi keterlaksanaan pembelajaran oleh siswa pada setiap pertemuan. Sebesar 60,17% untuk pertemuan pertama, 70,39% untuk pertemuan kedua dan 81,44% untuk pertemuan ketiga, dengan rata-rata sebesar 70,67% yang masuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran model STM (Sains Teknologi Masyarakat) terlaksana dengan baik dengan nilai rxy= 0,45 dengan tingkat hubungan sedang dan memberikan pengaruh terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi redoks di kelas X MIPA 2 SMAN Titian Teras H.Abdurrahman Sayoeti.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Depositing User: SRI WAHYUNINGSIH
Date Deposited: 27 May 2019 02:30
Last Modified: 27 May 2019 02:30
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7976

Actions (login required)

View Item View Item