ALMONAWAROH, ALMONAWAROH ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI SMAN 11 KOTA JAMBI. JURNAL ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI SMAN 11 KOTA JAMBI.
Text
cover.docx Download (34kB) |
|
Text
lembar pengesahan.docx Download (128kB) |
|
Text
daftar isi.docx Download (19kB) |
|
Text
BAB 1.docx Download (28kB) |
|
Text
bab v.docx Download (19kB) |
Abstract
ABSTRAK Almonawaroh. 2018. Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Larutan Penyangga di SMAN 11 Kota Jambi. Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing I: Dr. Drs. Haryanto, M.Kes, Pembimbing II: Dra. Fatria Dewi, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning, Berpikir Kritis, Larutan Penyangga. Salah satu kemampuan berpikir yang harus dimiliki oleh siswa adalah kemampuan berpikir kritis. Pembelajaran CTL dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dimana konsep pembelajaran ini membantu guru mengaitkan materi pembelajaran dengan situasi dunia nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran CTL dan pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi larutan penyangga di SMAN 11 Kota Jambi. Jenis penelitian ini penelitian mix methods (Concurrent embedded), desain yang digunakan Posttest-Only Control Design. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan tes essay untuk kemampuan berpikir kritis. Hubungan keterlaksanaan model pembelajaran dengan kemampuan berpikir kritis siswa dihitung dengan korelasi product moment. Untuk melihat pengaruh keterlaksanaan model pembelajaran CTL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa digunakan rumus uji t. Hubungan yang akan dilihat adalah keterlaksanaan model pembelajaran contextual teaching and learning dengan kemampuan berpikir kritis siswa. Dari perhitungan koefisien korelasi (r) dari kedua variabel tersebut, diperoleh nilai rxy yaitu 0,856 tingkat hubungan kuat dan untuk pengaruhnya dengan uji t yang diperoleh sebesar 9,306449 yang berarti bahwa nilai t hitung>t tabel maka Ha diterima dan Ho di tolak. Berdasarkan data di atas maka dapat disimpulkan diterimanya hipotesis, maka dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh keterlaksanaan model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Larutan Penyangga di SMAN 11 Kota Jambi.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry |
Depositing User: | ALMONAWAROH |
Date Deposited: | 27 May 2019 02:36 |
Last Modified: | 27 May 2019 02:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7977 |
Actions (login required)
View Item |