UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS MELALUI MODEL PAIRED STORYTELLING DENGAN BANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA FASE B KELAS IV SDN SELARO BERSERI KECAMATAN BAYUNG LENCIR

Aisah, Siti (2025) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS MELALUI MODEL PAIRED STORYTELLING DENGAN BANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA FASE B KELAS IV SDN SELARO BERSERI KECAMATAN BAYUNG LENCIR. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
cover.pdf

Download (208kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (313kB)
[img] Text
bab v.pdf

Download (185kB)
[img] Text
persetujuan pengesahan aisah.pdf

Download (331kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (425kB)
[img] Text
TESIS SITI AISAH SCAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

enelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh problematika rendahnya capaian belajar IPAS pada siswa fase B kelas IV SDN Selaro Berseri, di mana sebagian besar siswa belum mencapai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi model pembelajaran paired storytelling dengan integrasi media audiovisual sebagai strategi untuk meningkatkan hasil pembelajaran. Metodologi penelitian dirancang secara sistematis meliputi pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan analisis data mengombinasikan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pelaksanaan penelitian terbagi dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari dua pertemuan yang mengikuti tahapan perencanaan, implementasi, observasi, dan refleksi. Hasil analisis siklus I menunjukkan ketuntasan klasikal mencapai 68,75% dengan rerata nilai 69,4 dan tingkat keaktifan belajar siswa sebesar 73,6. Progresi signifikan teridentifikasi pada siklus II dengan peningkatan ketuntasan klasikal menjadi 88%, rerata nilai meningkat menjadi 82,5, dan keaktifan belajar siswa mencapai 84,8. Temuan mengindikasikan bahwa implementasi model paired storytelling dengan dukungan media audiovisual memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan kualitas pembelajaran. Intervensi pedagogis ini terbukti efektif dalam mengoptimalkan proses kognitif dan partisipasi aktif siswa, sebagaimana teramati melalui peningkatan hasil belajar dan keterlibatan siswa dalam aktivitas pembelajaran. Hasil penelitian ini memberikan implikasi signifikan bagi praktik pembelajaran inovatif yang mengintegrasikan metode kolaboratif dengan stimulus audiovisual untuk memfasilitasi pengalaman belajar yang bermakna.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar IPAS, Model Paired Storytelling, media audio visual
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Universitas Jambi (UNJA) > Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > A General Works > AS Academies and learned societies (General)

L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: SITI AISAH
Date Deposited: 12 Jun 2025 08:35
Last Modified: 12 Jun 2025 08:35
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/79770

Actions (login required)

View Item View Item