UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MATERI PROSES PERUMUSAN PANCASILA DENGAN METODE BERMAIN PERAN PADA SISWA FASE B KELAS IV SDN 2 BAYUNG LENCIR

Alamha, Alamha (2025) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MATERI PROSES PERUMUSAN PANCASILA DENGAN METODE BERMAIN PERAN PADA SISWA FASE B KELAS IV SDN 2 BAYUNG LENCIR. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
TESISFUL ALAMHA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
pengesahan alamha.pdf

Download (352kB)
[img] Text
bab v (1).pdf

Download (115kB)
[img] Text
dapus.pdf

Download (216kB)
[img] Text
bab i (2).pdf

Download (220kB)
[img] Text
cover (1).pdf

Download (30kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

antangan dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila di kalangan siswa fase B kelas IV di SDN 2 Bayung Lencir menjadi latar belakang yang mendasari penelitian tindakan kelas ini. Fokus utama dari kajian ini adalah untuk mengeksplorasi efektivitas metode bermain peran dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis serta pencapaian belajar siswa, khususnya pada materi proses perumusan Pancasila. Desain penelitian ini terdiri dari dua siklus, di mana setiap siklus melibatkan dua pertemuan. Setiap pertemuan mencakup empat langkah penting: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dalam siklus I, hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal siswa mencapai 67,86% dengan nilai rata-rata 66,07, serta tingkat keaktifan siswa sebesar 64,7%. Namun, peningkatan yang signifikan terlihat pada siklus II. Pada siklus ini, ketuntasan klasikal meningkat menjadi 92,86%, nilai rata-rata siswa mencapai 83,9, dan tingkat keaktifan siswa juga menunjukkan kemajuan, yaitu meningkat menjadi 84,7%. Temuan ini menegaskan bahwa penerapan metode bermain peran terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa fase B kelas IV di SDN 2 Bayung Lencir. Dengan demikian, penelitian ini tidak hanya memberikan wawasan baru tentang strategi pembelajaran yang dapat diterapkan, tetapi juga berkontribusi pada pengembangan kurikulum Pendidikan Pancasila yang lebih interaktif dan menarik bagi siswa.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: berpikir kritis, hasil belajar, metode bermain peran
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Universitas Jambi (UNJA) > Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > A General Works > AS Academies and learned societies (General)

L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: ALAMHA
Date Deposited: 12 Jun 2025 08:34
Last Modified: 12 Jun 2025 08:34
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/79774

Actions (login required)

View Item View Item