PEMBELAJARAN MODEL SEARCH, SOLVE, CREATE, SHARE (SSCS) DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI ASAM BASA

KURNIATY, NOVANI PEMBELAJARAN MODEL SEARCH, SOLVE, CREATE, SHARE (SSCS) DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI ASAM BASA. JURNAL PEMBELAJARAN MODEL SEARCH, SOLVE, CREATE, SHARE (SSCS) DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI ASAM BASA.

[img] Text
03. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (29kB)
[img] Text
05. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (152kB)
[img] Text
DFTR ISI, TBEL, GMBR, LAMPIRAN.pdf

Download (714kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (375kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (145kB)

Abstract

ABSTRAK Novani Kurniaty. 2019. Pembelajaran Model Search, Solve, Create, Share (SSCS) dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Asam Basa. Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing (I) Prof. Dr. M. Rusdi, S.Pd., M.Sc., Pembimbing (II) Dra. Fatria Dewi, M.Pd. Kata Kunci: Model Search, Solve, Create, Share, Berpikir Kritis, Asam Basa Kurang aktifnya siswa dalam mengikuti pembelajaran mengakibatkan kemampuan siswa untuk berpikir dalam proses belajar rendah, apalagi dalam kemampuan berpikir kritis. Hal ini disebabkan kebiasaan siswa dalam mengikuti pembelajaran hanya mendengar dan memperhatikan guru saja, sehingga siswa cenderung belajar dengan menghafal, tanpa siswa menemukan sendiri pembelajaran tersebut. salah satu alternative untuk membuat siswa aktif menemukan sendiri pembelajaran tersebut adalah menggunakan model pembelajaran Search, Solve, Create, Share (SSCS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran Search, Solve, Create, Share dan pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi asam basa dikelas XI MIPA SMAN 10 Kota Jambi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan menggunakan kedua data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas XI MIPA 1. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi keterlaksanaan model Search, Solve, Create, Share baik dari guru maupun siswa dan untuk mengukur berpikir kritis menggunakan soal tes essay. Teknik analisis data kualitatif menggunakan Miles and Huberman dan teknik analisis data kuantitatif menggunakan uji korelasi product moment. Keterlaksaan model Search, Solve, Create, Share oleh guru dan siswa telah terlaksana sesuai prinsip model Search, Solve, Create, Share setiap pertemuannya. Korelasi keterlaksanaan model Search, Solve, Create, Share pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi asam basa dikategorikan sedang dengan rata-rata 0,54 dan nilai determinasi 29,48% dengan kategori rendah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model Search, Solve, Create , Share pada materi asam basa di kelas XI MIPA 1 SMAN 10 Kota Jambi terlaksana cukup baik oleh guru dan siswa dan kemampuan berpikir kritis pada setiap pertemuannya mengalami peningkatan.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Depositing User: NOVANI KURNIATY
Date Deposited: 27 May 2019 07:23
Last Modified: 27 May 2019 07:23
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7980

Actions (login required)

View Item View Item