PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS ETNOSAINS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMAN 5 MUARO JAMBI

Togatorop, Rosmian and Dwi Kartika, Winda and Yusuf, Muhammad (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS ETNOSAINS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMAN 5 MUARO JAMBI. Syntax literate, 8 (4). ISSN 2541-0849

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (496kB)
Official URL: https://www.jurnal.Syntaxliterate.co.id/

Abstract

Model pembelajaran yang tepat akan membantu siswa dalam mengembangkan kemampuannya, salah satunya kemampuan berpikir kritis. Pada dasarnya berpikir kritis termasuk ke dalam kemampuan penting di abad 21. Realitas di lapangan menunjukkan kemampuan berpikir kritis siswa saat ini masih rendah. Model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah project based learning (PjBL) berbasis etnosains. Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh model project based learning berbasis etnosains terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Desain penelitian adalah quasi experiment dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling dan pengumpulan data menggunakan tes essai serta lembar observasi keterlaksanaan sintaks model pembelajaran. Hasil uji hipotesis menggunakan uji One-way ancova didapatkan penerapan model project based learning berbasis etnosains berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Rosmian Togatorop
Date Deposited: 15 Jun 2025 12:17
Last Modified: 15 Jun 2025 12:17
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/79801

Actions (login required)

View Item View Item