ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA NEGERI 6 KOTA JAMBI

Saputri, Diah Ayu (2025) ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA NEGERI 6 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI 7 abstrak.pdf

Download (520kB)
[img] Text
SKRIPSI 17-27 BAB 1.pdf

Download (559kB)
[img] Text
SKRIPSI 143-146 BAB 5.pdf

Download (566kB)
[img] Text
SKRIPSI 1-2 COVER.pdf

Download (331kB)
[img] Text
SKRIPSI DIAH AYU SAPUTRI FINAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
SKRIPSI 4 (halaman pengesahan).pdf

Download (327kB)
[img] Text
SKRIPSI 147-154 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (597kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Permasalahan ini dilatarbelakangi oleh Beberapa permasalahan diantaranya adalah Siswa masih belum aktif bertanya pada saat proses kegiatan pembelajaran, serta kurang memperhatikan guru ketika belajar, metode guru yang membosankan, dan kurangnya pembentukan karakter siswa. Kurikulum merdeka merupakan program kebijakan yang bertujuan untuk menuntaskan persoalan krisis pembelajaran yang sudah berlangsung cukup lama.SMA Negeri 6 Kota Jambi merupakan salah satu sekolah yang telah melaksanakan kurikulum merdeka. namun penerapannya belum dilaksanakan secara maksimal. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis implementasi kurikulum merdeka belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 6 Kota Jambi. Adapun fokus penelitian ini adalah (1) P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila), (2) Pembelajaran Berdiferensiasi, (3) Asessmen. Yang ada di SMA Negeri 6 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan survei.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Sedangkan untuk menguji validitas data digunakan tringulasi metode dan tringulasi sumber. Selanjutnya dalam teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menujukkan bahwa (1) implementasi P5 di SMA Negeri 6 Kota Jambi dilaksanakan dengan baik, menggunakan pendekatan blok untuk memberikan fokus pada projek, (2) Pembelajaran berdiferensiasi diterapkan dengan menyesuaikan konten, proses, produk dan lingkungan belajar sesuai kebutuhan siswa, (3) Asessmen Formatif dan Sumatif dilaksanakan secara terintegrasi, membantu guru dalam memantau perkembangan siswa dan mengevaluasi pencapaian kompetensi. Secara keseluruhan, penerapan Kurikulum Merdeka memberikan dampak positif bagi siswa, meningkatkan pemahaman akademik serta karakter yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Kurikulum Merdeka, Merdeka Belajar, Merdeka Belajar Siswa Kelas X SMA.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: DIAH AYU SAPUTRI
Date Deposited: 16 Jun 2025 06:33
Last Modified: 07 Oct 2025 04:19
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/79849

Actions (login required)

View Item View Item