Peran Pendidikan dan Pelatihan Untuk Meningkatkan Kompetensi Kerja dan Dampakny Terhadap Kinerja

Afersa, Rayhan (2025) Peran Pendidikan dan Pelatihan Untuk Meningkatkan Kompetensi Kerja dan Dampakny Terhadap Kinerja. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Skripsi_Rayhan Afersa_C1B020100.docx
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (108kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan .pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (262kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (119kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi kerja dan dampaknya terhadap kinerja. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, teknik pengambilan data dengan menyebarkan kuesioner responden. Sampel dalam penelitian ini adalah Pegawai bagian kantor manajemen RSUD H. Hanafie Muara Bungo yang berjumlah 40 orang. Pengujian hipotesis menggunakan teknik Analisis Deskriptif dengan menggunakan aplikasi SmartPLS 4.0.0 sebagai alat pengolahan data Uji Outer Model yaitu Convergent Validity, Discriminant Validity, Composite Realibility dan Uji Inner Model yaitu R-Square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan dan pelatihan berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja berdasarkan uji hipotesis Boosttrapping diketahui koefisien jalur bernilai positif sebesar 0.555 artinya memiliki pengaruh positif. Nilai P-values yang membentuk peran pendidikan dan pelatihan terhadap kinerja adalah sebesar 0.000 ditambah dengan nilai T-Statistic sebesar 4.140. Pendidikan dan pelatihan berpengaruh positif signifikan terhadap kompetensi kerja berdasarkan uji hipotesis Boosttrapping diketahui koefisien jalur bernilai positif sebesar 0.941 artinya memiliki pengaruh positif. Nilai P-values yang membentuk pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap kompetensi kerja adalah sebesar 0,000 ditambah dengan nilai T-Statistic sebesar 39.263. Kompetensi kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja diketahui koefisien jalur bernilai positif sebesar 0.403 artinya memiliki pengaruh positif. Nilai P-values yang membentuk pengaruh kompetensi kerja terhadap kinerja adalah sebesar 0.004 ditambah dengan nilai T-Statistic sebesar 2.878. Kompetensi kerja memediasi pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap kinerja berdasarkan uji hipotesis specific inderect effect diketahui koefisien jalur bernilai positif sebesar 0.379 artinya memiliki pengaruh positif. Nilai P-values yang membentuk pengaruh kompetensi kerja memediasi pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap kinerja adalah sebesar 0,004 ditambah dengan nilai T-Statistic sebesar 2.866. Saran pada penelitian ini yaitu perusahaan perlu melakukan penilaian dan evaluasi terhadap setiap pekerjaan yang pegawai hasilkan. Instansi perlu memberikan materi pendidikan dan pelatihan yang sesuai dengan bidang pekerjaan para karyawan yang sedang mengikuti pendidikan dan pelatihan. Para atasan harus selalu memberikan pengawasan terkait pekerjaan yang dilakukan oleh para pegawai. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk membaca referensi lain lebih banyak lagi sehingga hasil penelitian selanjutnya akan semakin baik serta berkembang lebih lanjut ilmu pengetahuan yang baru. Kata Kunci : Pendidikan dan Pelatihan, Kinerja, Kompetensi Kerja.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: AFERSA
Date Deposited: 17 Jun 2025 01:39
Last Modified: 17 Jun 2025 01:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/79922

Actions (login required)

View Item View Item