Implementasi Administrasi Pembelajaran Terhadap Mutu Pembelajaran Di SDN 157 Kota Jambi

Windari, Septia and Habibi, Akhmad and Hansein Arif, Wijaya, M.Pd (2025) Implementasi Administrasi Pembelajaran Terhadap Mutu Pembelajaran Di SDN 157 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
FULL SKRIPSI SEPTIA WINDARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (826kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (120kB)
[img] Text
halaman persetujuan, halaman pengesahan .pdf

Download (2MB)
[img] Text
halaman persetujuan, halaman pengesahan .pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (111kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (158kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Windari, Septia. 2025. Implementasi Administrasi Guru Terhadap Mutu Pembelajaran Di SD Negeri 157 Kota Jambi: Skripsi, Program Studi Administrasi Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Akhmad Habibi, Ph.D Pembimbing (II) Hansein Arif Wijaya, M.Pd. Kata Kunci: Implementasi pembelajran, mutu pembelajaran, perencanaan pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi administrasi guru terhadap mutu pembelajaran di SDN 157 Kota Jambi, serta mengidentifikasi faktor pendukung dan hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari guru wali kelas IV, penanggung jawab sekolah, dan guru mata pelajaran PJOK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa administrasi guru, yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran, telah dilaksanakan dengan cukup baik dan berkontribusi positif terhadap peningkatan mutu pembelajaran. Faktor pendukung implementasi administrasi antara lain dukungan kepala sekolah melalui supervisi akademik, kolaborasi antar guru, serta pemanfaatan teknologi sederhana dalam penyusunan dokumen. Namun demikian, guru masih menghadapi hambatan seperti keterbatasan waktu, beban kerja administratif yang tinggi, dan belum meratanya penguasaan teknologi. Secara keseluruhan, administrasi pembelajaran yang efektif merupakan komponen penting dalam menciptakan mutu pembelajaran yang berkualitas. Diperlukan dukungan berkelanjutan dari sekolah dan pihak terkait untuk memperkuat kompetensi guru dalam bidang administrasi, serta mengatasi berbagai hambatan yang ada demi terwujudnya pembelajaran yang optimal.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: SEPTIA WINDARI
Date Deposited: 19 Jun 2025 03:32
Last Modified: 19 Jun 2025 03:32
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/79960

Actions (login required)

View Item View Item