Justine, Fidella and Sabil, Husni and Novferma, Novferma (2025) Pengembangan E-Modul Berbantuan Video Animasi 3D Terintegrasi Etnomatematika untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VIII H SMP N 19 Kota Jambi. S1 thesis, Pendidikan Matematika.
|
Text
COVER .pdf Download (129kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (192kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (351kB) |
|
|
Text
SKRIPSI FIDELLA JUSTINE MULYADI.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (272kB) |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (325kB) |
|
|
Text
Lembar persetujuan pembimbing.pdf Download (206kB) |
|
|
Text
Halaman Pengesahan .pdf Download (220kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar siswa karena bahan ajar serta media pembelajaran yang belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah E-Modul berbantuan Video Animasi 3D yang terintegrasi etnomatematik, guna meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII SMP. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VIII H di SMPN 19 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah dosen Program Studi Pendidikan Matematika sebagai tim ahli, guru matematika kelas VIII SMPN 19 Kota Jambi, dan siswa kelas VIII H SMPN 19 Kota Jambi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validitas desain dan materi, angket praktikalitas untuk guru dan siswa, angket respon siswa, tes hasil belajar serta angket minat belajar. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa E-Modul berbantuan video animasi 3D terintegrasi etnomatematika memenuhi kriteria kualitas produk yang meliputi kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. E-Modul berbantuan video animasi 3D terintegrasi etnomatematika yang dikembangkan dinyatakan layak dengan di mana untuk aspek kevalidan diperoleh persentase sebesar 81,3% dengan kriteria “Sangat Valid” pada segi materi dan skor 80% dengan kriteria “Valid” pada segi desain. Untuk aspek kepraktisan, diperoleh persentase skor sebesar 95,5% dengan kriteria “Sangat Praktis” dari hasil praktikalitas oleh guru dan skor 85,5% dengan kriteria “Sangat Praktis” dari hasil praktikalitas oleh siswa. Untuk aspek keefektifan dilihat dari angket minat belajar siswa, dengan perolehan rata-rata skor angket minat beljar siswa setelah menggunakan E-Modul berbantuan video animasi 3D terintegrasi etnomatematika adalah 88,13% dengan kategori “Sangat Tinggi”. Kemudian tingkat keefektifan juga dilihat dari hasil angket respon siswa dengan skor 91,26% dengan kriteria “Sangat Efektif” sehingga media pembelajaran dinyatakan efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa. Tingkat keefektifan ini juga dilihat berdasarkan tes hasil belajar, dengan persentase ketuntasan 86,89% dengan 26 siswa “Tuntas” dan 3 siswa dinyatakan”Tidak Tuntas”
| Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | FIDELLA JUSTINE MULYADI |
| Date Deposited: | 25 Jun 2025 07:22 |
| Last Modified: | 25 Jun 2025 07:23 |
| URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80010 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
