Anawiyah, Siti (2025) Pengaruh Penggunaan Metode Bernyanyi Pada Channel YouTube Rizka Humaira Terhadap Keterampilan Mendengar Di Mts Al Munawwarah Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (239kB) |
![]() |
Text
BAB l.pdf Download (245kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (245kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (335kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (248kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (281kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bernyanyi pada channel YouTube Rizka Humairah terhadap keterampilan mendengar siswa kelas VIII MTs Al-Munawwarah Kota Jambi. Masalah utama dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan menyimak siswa akibat kurangnya variasi metode pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimen (one-group pretest-posttest). Sampel penelitian adalah 30 siswa yang dipilih secara acak. Data dikumpulkan melalui tes lisan, observasi, dan dokumentasi, lalu dianalisis menggunakan uji normalitas dan paired sample t-test dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai dari rata-rata pretest 7,40 menjadi posttest 13,13. Uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh signifikan metode bernyanyi terhadap keterampilan mendengar siswa. Kesimpulannya, metode bernyanyi berbasis YouTube efektif meningkatkan keterampilan menyimak siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Metode ini juga membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan dan mudah dipahami.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Bernyanyi, YouTube, Rizka Humairah, Keterampilan Menyimak, Bahasa Arab |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Arab |
Depositing User: | Anawiyah |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 04:37 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 04:37 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80106 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |