Pengaruh Disiplin Belajar dan Rasa Ingin Tahu Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Hoiriyah, Verny Nur and Yantoro, Yantoro and Syarif, Ahmad (2025) Pengaruh Disiplin Belajar dan Rasa Ingin Tahu Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10 (02). ISSN 2477-2143

[img] Text
Jurnal.pdf

Download (129kB)
Official URL: https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/artic...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh kedisplinan belajar terhadap prestasi belajar dalam mata pelajaran IPA, (2) mengetahui pengaruh rasa ingin tahu terhadap prestasi belajar dalam mata pelajaran IPA,(3) mengetahui pengaruh kedisplinan belajar dan rasa ingin tahu terhadap prestasi belajar dalam pelajaran IPA. Meode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain teknik skala ex- post facto. Populasi penelitian ini sebesar 57 siswa kelas V dari Sekolah Dasar Negeri 55/I Sridadi. Tetapi sampel yang digunakan untuk penelitian ini 50 siswa. Teknik sampling yang akan digunakan, yaitu teknik sampling acak (random sampling). Pengumpulan data penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik skala ex-post facto. Skala tersebut digunakan untuk mengungkap data variabel disiplin belajar, rasa ingin tahu dan prestasi belajar, maka disediakan empat pilihan jawaban, yaitu selalu, sering, kadang-kadang, dan tidak pernah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar Negeri 55/I Sridadi. Kesimpulan tersebut dibuktikan dengan kontribusi pengaruh variabel disiplin belajar siswa yaitu sebesar 3% dengan nilai F hitung 3.643 dan memiliki nilai signifikansi sebesar 0.033. (2) rasa ingin tahu berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran IPA kelas V Sekolah Dasar Negeri 55/I Sridadi. Kesimpulan tersebut dibuktikan dengan kontribusi pengaruh variabel rasa ingin tahu siswa yaitu sebesar 20% dengan nilai Fhitung 2.834 dan memiliki nilai signifikansi sebesar 0.050. ingin tahu secara bersamaan berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar Negeri 55/I Sridadi. Kesimpulan tersebut dibuktikan dengan kontribusi pengaruh variabel yaitu sebesar 33.1% dengan nilai Fhitung 11.201 dan (3) disiplin belajar dan rasa memiliki nilai signifikansi sebesar 0.000. This study aims to (1) Determine the influence of learning discipline on learning achievement in science subjects, (2) To find out the influence of curiosity on learning achievement in science subjects, (3) To find out the influence of learning discipline and curiosity on learning achievement in science lessons. The research method uses a quantitative method with an ex-post facto scale engineering design. The population of this study is 57 grade V students from State Elementary School 55/I Sridadi. But the sample used for this study was 50 students. The sampling technique that will be used is the random sampling technique. The data collection of this research is quantitative with an ex-post facto scale technique. The scale is used to reveal data on the variables of learning discipline, curiosity and learning achievement, so four answer options are provided, namely always, often, sometimes, and never. The results of the study show that (1) (3) 2 (2) Learning discipline has a positive and significant effect on the learning achievement of students of Science Class V State Elementary School 55/I Sridadi. This conclusion is evidenced by the contribution of the influence of the variable of student learning discipline, which is 3% with an F value of 3.643 and has a significance value of 0.033. Curiosity has a positive effect on the learning achievement of students of science subjects in grade V of State Elementary School 55/I Sridadi. This conclusion is evidenced by the contribution of the influence of the variable of student curiosity, which is 20% with a Fcal value of 2.834 and has a significance value of 0.050. Learning discipline and curiosity simultaneously have a positive effect on the learning achievement of students of Science Class V State Elementary School 55/I Sridadi. This conclusion is evidenced by the contribution of variable influence, which is 33.1% with a Fcal value of 11,201 and has a significance value of 0.000.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: VERNY NUR HOIRIYAH
Date Deposited: 20 Jun 2025 08:56
Last Modified: 20 Jun 2025 08:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80131

Actions (login required)

View Item View Item