Sari, Romi Dian (2025) Peran Geru PPKn Dalam Membentuk Karakter Anti Bullying Siswa Kelas 8 Kabupaten Bungo Provinsi Jambi Studi Kasus SMP Negeri 1 Muara Bungo. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK ROMI DIAN SARI A1A321014.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
BAB I ROMI DIAN SARI A1A321014.pdf Download (192kB) |
![]() |
Text
BAB V ROMI DIAN SARI A1A321014.pdf Download (16kB) |
![]() |
Text
COVER ROMI DIAN SARI A1A321014.pdf Download (17kB) |
![]() |
Text
FULLTEXT ROMI DIAN SARI A1A321014.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN ROMI DIAN SARI A1A321014.pdf Download (134kB) |
Abstract
Abstrak Romi Dian Sari 2025 Peran Guru PPKn dalam Membentuk Karakter Anti Bullying Siswa Kelas 8 Kabupaten Bungo Provinsi Jambi Studi Kasus SMPN 1 Muara Bungo: Skripsi, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, pembimbing : (I) Melisa M.Pd (II) Dona Sariani S.Pd M.Pd Kata Kunci: Peran Guru, Pembentukan Karakter, Anti Bullying Penelitian ini dilatarbelakangi terjadinya tindakan anti Bullying di sekolah menengah atas dan penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang peran guru PPKn dalam membentuk karakter anti Bullying siswa kelas 8 Kabupaten Bungo Provinsi Jambi Studi kasusu SMPN 1 Muara Bungo dan untuk mengetahuai Peran guru PPKn dan strategi, metode yang di gunakan dalam mendidik siswa anti Bullying tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Muara Bungo, yang terletak JL.H. Hoessin Saad No 133, Kelurahan Bungo Barat, kecamatan Pasar Muara Bungo, waktu penelitian dilaksanakan dari tahap observasi, pengambilan data awal dilaksanakan mulai dari September-Oktober 2024, dan dilanjutkan penelitian dari bulan Januari-April 2025, Pedekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ada penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini bertujuan untuk bisa mengurangi tindakan anti Bullying di sekolah agar bisa menciptakan lingkungan yang bebas dari tindakan Bullying dan bagaimana peran guru PPKn dalam membentuk karakter anti Bullying dan metode dan strategi yang di gunakan untuk mengurangi tindakan Bullying di lingkungan sekolah agar tidak ada lagi tindakan anti Bullying sekolah. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa guru PPKn berperan penting dalam membentuk karakter anti Bullying melalui penguatan nilai empati, solidaritas, dan toleransi dalam proses pembelajaran seperti poster anti Bullying dan diskusi kelompok Selain itu, integrasi materi PPKn dengan isu-isu sosial aktual serta pendekatan pembelajaran partisipatif terbukti efektif dalam meningkatkan kesadaran dan sikap anti Bullying siswa. Dengan demikian, guru PPKn tidak hanya sebagai pengajar, tetapi juga sebagai pembina karakter siswa yang berperan strategis dalam menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan harmonis. Dan menerapkan strategi dan metode supaya terhindar dari tindakan anti Bullying di lingkungan sekolah. Penelitian ini dapat menyimpulkan tindakan anti Bullying di sekolah merupakan upaya penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan inklusif bagi seluruh siswa. Berbagai langkah seperti penyuluhan, pendekatan nilai-nilai Pancasila, penguatan karakter melalui mata pelajaran seperti PPKn, serta keterlibatan guru PPKn, BK dan seluruh warga sekolah terbukti efektif dalam mencegah dan menangani kasus Bullying agar tidak terjadi lagi tindakan Bullying di sekolah.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Pembentukan Karakter, Anti Bullying |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn |
Depositing User: | Sari |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 01:38 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 01:38 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80136 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |