salimodo, Devi and Christoper, Taruna and Lestari, Agus (2023) INOVASI DALAM MANAJEMEN KURIKULUM: PEMANFATAN TEKNOLOGI DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN. Al-Rabwah: Jurnal Ilmu Pendidikan, 17 (02). ISSN 2252-7672
![]() |
Text
Jurnal.pdf Download (295kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep teknologi pendidikan, fungsi TIK dalam pembelajaran, model pembelajaran berbasis teknologi, serta hambatan dalam penerapannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi pendidikan merupakan penerapan pengetahuan ilmiah dalam pembelajaran dengan tujuan mencapai efektivitas dan efisiensi. Pembelajaran inovatif dengan menggunakan teknologi pendidikan dapat membantu membangun karakter siswa, mengembangkan keterampilan berpikir saintifik, dan meningkatkan literasi siswa. Model-model pembelajaran berbasis teknologi, seperti Project-based Learning (PjBL), Flipped Classroom, dan Self-Organized Learning Environment (SOLE). Adapun hambatan dalam penerapannya yaitu: hambatan fisik dan non-fisik. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan memberikan pandangan yang lebih jelas tentang penggunaan teknologi dalam meningkatkan mutu pembelajaran serta dapat membantu dalam pengambilan keputusan dan perbaikan berkelanjutan dalam sistem pendidikan.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Devi Salimodo |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 00:55 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 00:55 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80168 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |