Rahayu, Faras and Sofwan, Muhammad and putri, andi gusmauliaekaputri (2025) Penerapan Media Flash Sipa Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pembelajaran Pancasila Di Kelas 3 Sekolah Dasar. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (130kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (257kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (100kB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (137kB) |
![]() |
Text
Daftar pustaka.pdf Download (242kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_FARAS RAHAYU_A1D121101_PENGGUNAAN MEDIA FLASH SIPA fixxx_compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
Halaman pengesahan .pdf Download (331kB) |
Abstract
Rahayu, Faras, 2025. “Penerapan Media Flash Sipa Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pancasila Di Kelas 3 Sekolah Dasar”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP. Dosen Pembimbing (I) Dr. Muhammad Sofwan, S.Pd, M. Pd (II) Andi Gusmaulia Eka Putri, M. Pd Kata Kunci: Media Pembelajaran Flash Sipa, Pembelajaran Pendidikan Pancasila, Konsentrasi belajar. Penelitian yang dilaksanakan ini bertujuan untuk melihat serta mendeskripsikan media pembelajaran Flash Sipa untuk Meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan Pancasila di kelas 3 Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 186/I Sridadi pada kelas III. Bentuk pada penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas atau PTK. Data pada penelitian ini didapat dengan cara melaksanakan observasi serta wawancara. Sesudah itu data dianalisis secara kualitatif serta kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, serta refleksi. Berdasarkan hasil penelitian sesudah penerapan media pembelajaran Flash Sipa untuk meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan Pancasila diperoleh data bahwasanya menerapkan media pembelajaran Flash Sipa bisa meningkatkan konsentrasi belajar pserta didik. Hal ini dikarenakan setiap siswa mengalami peningkatan dalam konsentrasi belajar dengan memperhatikan indikator konsentrasi belajar pada saat aktivitas pembelajaran yang bisa dilihat dalam setiap siklus pertemuan. Hasil dari siklus I pertemuan pertama memperoleh presentase sebesar 49,73% dengan kategori “Rendah”, sedangkan dalam siklus I pertemuan kedua didapatkan presentase yakni 54,94% dengan kategori “rendah” dengan peningkatan sebesar 5,21%. Pada siklus II pertemuan pertama didapat persentase sebesar 69,27% dengan kategori “sedang” dimana terdapat kenaikan sebesar 14,33%, serta untuk siklus II pertemuan kedua mendapatkan persentase yakni 81,25% berada dalam kategori “Tinggi” dengan kenaikan sebesar 11,98%. Hasil dalam pertemuan kedua siklus II sudah mencapai persentase perolehan indikator keberhasilan, yakni 70%. Melalui hasil penelitian ini bisa ditarik sebuah kesimpulan bahwasanya Penerapan media pembelajaran Flash Sipa bisa Meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan Pancasila di kelas III Sekolah Dasar. Hal tersebut mampu dibuktikan dengan terjadinya peningkatan tiap indikator konsentrasi belajar peserta didik pada setiap siklus pertemuannya Rahayu, Faras, 2025. "Application of Sipa Flash Media to Improve Student Learning Concentration in Pancasila Subjects in Classrooms 3 Elementary Schools ". Thesis, Primary School Teacher Education Study Program, FKIP. Supervisor (i) Dr. Muhammad Sofwan, S.Pd, M. Pd (II) Andi Gusmaulia Eka Putri, M. Pd Keywords: Flash Sipa Learning Media, Educational Learning Pancasila, Learning Concentration. The research carried out aims to see as well describe the SIPA flash learning media to improve the concentration of student learning in Pancasila education subjects in Class 3 Elementary School. This research was conducted at SDN 186/I Sridadi in class III. Shape on This research is a classroom action research or CAR. Data in research This is obtained by carrying out observations and interviews. After that Data were analyzed qualitatively and quantitatively. This research was conducted in two cycles, with four stages namely planning, implementation, observation, and reflection. Based on the results of research after the application of flash learning media SIPA to increase the concentration of student learning in the eye Pancasila education lessons obtained data that applying the media Learning Flash Sipa can increase the concentration of students' learning. This is because every student has increased in concentration learn by paying attention to indicators of learning concentration at the time Learning activities that can be seen in each meeting cycle. Results From the first cycle the first meeting obtained a percentage of 49.73% with the "low" category, while in the first cycle of the second meeting obtained a percentage of 54.94% with the "low" category with an increase of 5.21%. In the second cycle the first meeting was obtained a percentage of 69.27% with the "medium" category where there is an increase of 14.33%, and for the second cycle the second meeting got The percentage of 81.25% is in the "high" category with an increase amounting to 11.98%. The results in the second meeting of the second cycle have reached Percentage of acquisition of success indicators, which is 70%. Through the results of this study, a conclusion can be drawn that The application of Flash Sipa learning media can increase concentration Learning Students in Pancasila Education Subjects in Class III Elementary school. This can be proven by the occurrence Increasing each indicator of student learning concentration in each cycle the meeting
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Flash Sipa Learning Media, Educational Learning Concentration |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | FARAS RAHAYU |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 03:37 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 03:37 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80190 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |