PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MUATAN IPS KELAS IV SEKOLAH DASAR

Sholikha, Imroatu (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MUATAN IPS KELAS IV SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (31kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (139kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (99kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (45kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (226kB)
[img] Text
full skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
lembar persetujuan dan pengesahan.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Sholikha, Imroatu 2025. Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Kearifan Lokal Pada Muatan IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, FKIP, Universitas Jambi. Dosen Pembimbing (I) Drs. Maryono, M. Pd., (II) Silvina Noviyanti, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Video Animasi, Kearifan Lokal Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan hasil analisis kebutuhan guna mengembangkan media pembelajaran video animasi berbasis kearifan lokal pada muatan IPS kelas IV Sekolah Dasar, (2) mendeskripsikan hasil validasi desain dari media pembelajaran video animasi berbasis kearifan lokal pada muatan IPS kelas IV Sekolah Dasar, (3) mendeskripsikan hasil validitas produk dari pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis kearifan lokal pada muatan IPS kelas IV Sekolah Dasar, (4) mendeskripsikan hasil uji coba pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis kearifan lokal pada muatan IPS kelas IV Sekolah Dasar, dan (5) mendeskripsikan hasil evaluasi dari pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis kearifan lokal pada muatan IPS kelas IV Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Reseacrh and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Jenis data pada penelitian ini berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Sumber data penelitian didapat dari validator, guru dan peserta didik. Data kualitatif diperoleh dari komentar dan saran perbaikan dari validator sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil angket validasi ahli desain, materi, media, bahasa serta angket praktisi dan angket respons peserta didik. Validasi desain memperoleh rata-rata skor 5 dengan kriteria sangat valid. Validasi materi memperoleh total skor 49 dengan rata-rata 4,9 dengan kriteria sangat valid. Validasi media mencapai total skor 72 dengan rata-rata 4,8 dengan kriteria sangat valid. Validasi bahasa mendapatkan total skor 38 dengan rata-rata 4,75 dengan kriteria sangat valid. Hasil angket kepraktisan guru dengan rata-rata 4,9 dalam kategori sangat praktis. Hasil respons peserta didik pada uji coba kelompok kecil memperoleh kelayakan 4,97 sehingga dikategorikan sebagai "Sangat Praktis." Pada uji coba kelompok besar, total skor yang diperoleh mencapai 49,85dengan persentase kelayakan sebesar 4,98. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video animasi berbasis kearifan lokal pada muatan IPS kelas IV Sekolah Dasar ini sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai media pendukung pembelajaran muatan IPS di kelas IV sekolah dasar. This study aims to: (1) describe the results of the needs analysis for developing animation video-based learning media incorporating local wisdom for Social Studies content in Grade IV of elementary school, (2) describe the results of design validation of the animation video-based learning media, (3) describe the product validity results of the developed media, (4) describe the results of the trial implementation, and (5) describe the evaluation results of the developed animation video-based learning media incorporating local wisdom. The method used in this study is Research and Development (R&D), employing the ADDIE development model. The data collected consist of qualitative and quantitative data. The data sources include validators, teachers, and students. Qualitative data were obtained from comments and suggestions provided by validators, while quantitative data were derived from the validation questionnaires completed by design, content, media, and language experts, as well as from practitioners and student response questionnaires. The design validation obtained an average score of 5, indicating a "very valid" criterion. Content validation achieved a total score of 49, with an average of 4.9, classified as "very valid." Media validation reached a total score of 72 with an average of 4.8, also "very valid." Language validation received a total score of 38, averaging 4.75, and was deemed "very valid." The teacher practicality questionnaire yielded an average score of 4.9, categorized as "very practical." Student responses in the small group trial reached an average feasibility score of 4.97, categorized as "very practical." In the large group trial, the total score reached 49.85, with a feasibility percentage of 4.98. Based on these findings, it can be concluded that the animation video-based learning media incorporating local wisdom for Social Studies content in Grade IV of elementary school is highly valid and highly practical to be used as a supporting learning media in the classroom

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Video Animasi, Kearifan Lokal
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Sholikha
Date Deposited: 23 Jun 2025 07:04
Last Modified: 23 Jun 2025 07:06
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80204

Actions (login required)

View Item View Item