PERAN DINAS PENDIDIKAN KOTA JAMBI DALAM MEMINIMALISIR ANGKA ANAK PUTUS SEKOLAH DI TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)

Ramadani, Desri (2025) PERAN DINAS PENDIDIKAN KOTA JAMBI DALAM MEMINIMALISIR ANGKA ANAK PUTUS SEKOLAH DI TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP). S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI DESRI CETAK FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (26kB)
[img] Text
Pengesahan ttd.pdf

Download (170kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (382kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (115kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)

Abstract

Permasalahan anak putus sekolah merupakan isu yang masih menjadi tantangan serius dalam dunia pendidikan di Indonesia, termasuk di Kota Jambi. Anak-anak usia sekolah yang tidak melanjutkan pendidikan hingga jenjang minimal Sekolah Menengah Pertama (SMP) dapat berpengaruh terhadap kualitas sumber daya manusia di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran Dinas Pendidikan Kota Jambi dalam meminimalisir angka anak putus sekolah di tingkat SMP, serta mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program-program tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Informan dalam penelitian ini meliputi pegawai Dinas Pendidikan, pihak sekolah, serta masyarakat yang relevan dengan isu anak putus sekolah. Fokus penelitian diarahkan pada kebijakan, strategi, dan implementasi program-program Dinas Pendidikan Kota Jambi dalam mengatasi permasalahan ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dinas Pendidikan Kota Jambi telah melakukan sejumlah upaya seperti pendataan anak putus sekolah melalui sistem informasi pendidikan, pemberian bantuan dana pendidikan atau beasiswa, serta penyediaan akses pendidikan non-formal seperti program Paket A, B, dan C. Selain itu, dinas juga melakukan sosialisasi pentingnya pendidikan kepada orang tua dan masyarakat. Namun, terdapat beberapa kendala seperti keterbatasan anggaran, kurangnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pendidikan, serta kondisi sosial-ekonomi keluarga yang menjadi hambatan dalam pelaksanaan program secara optimal. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peran Dinas Pendidikan sangat vital dalam menurunkan angka anak putus sekolah, namun perlu ditingkatkan dengan kolaborasi yang lebih luas antara pemerintah daerah, sekolah, lembaga sosial, dan masyarakat. Diperlukan pula pendekatan yang lebih personal, berbasis data, dan berkelanjutan untuk menjangkau anak-anak yang rentan terhadap risiko putus sekolah. Kata Kunci: Dinas Pendidikan, Anak Putus Sekolah, Sekolah Menengah Pertama, Kota Jambi, Pendidikan Dasar

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Dinas Pendidikan, Anak Putus Sekolah, Sekolah Menengah Pertama, Kota Jambi, Pendidikan Dasar
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: RAMADANI
Date Deposited: 24 Jun 2025 02:22
Last Modified: 24 Jun 2025 02:23
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80257

Actions (login required)

View Item View Item