PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN VEKTOR BERBASIS EDUCATIONAL ROBOTIC MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERSTRUKTUR UNTUK MENINGKATKAN COMPUTATIONAL THINKING SISWA KELAS XI SMA

Anis, Sabilah Hairun (2025) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN VEKTOR BERBASIS EDUCATIONAL ROBOTIC MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERSTRUKTUR UNTUK MENINGKATKAN COMPUTATIONAL THINKING SISWA KELAS XI SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (205kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (35kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (654kB)
[img] Text
Skripsi Full Sabilah Hairun Anis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (678kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan modul pembelajaran vektor berbasis educational robotic menggunakan model inkuiri terstruktur untuk meningkatkan computational thinking. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Xaverius 1 Jambi pada tanggal 26 April 2025 dan 03 Mei 2025. Model yang digunakan yakni ADDIE yang memiliki tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Namun, tahap yang digunakan pada penelitian ini hanya sampai tahap pengembangan. Data yang dikumpulkan yakni angket validasi ahli materi, validasi ahli media, presepsi guru, presepsi siswa, dan observasi kemampuan computational thiking. Hasil validasi ahli materi pertama sebesar 78,27%, validasi ahli kedua 96,53%, dan validasi ahli media 92,83% artinya modul memiliki kriteria sangat valid. Hasil presepsi guru yaitu 95% dan presepsi siswa sebesar 90,4%, artinya modul yang dikembangkan memiliki kriteria sangat menarik. Hasil rata-rata kemampaun computational thinking siswa setelah melakukan percobaan sebesar 74,86% termasuk kriteria sedang. Penyebab kemampuan computational thinking siswa rendah salah satunya yaitu siswa belum terbiasa menyelesaikan masalah menggunakan indikator computational thinking dan penggunaan media robot sebagai media pembelajaran menjadi hal baru bagi siswa. Artinya siswa perlu peningkatan kemampuan computational thinking dengan melakukan pembiasaan disetiap pertemuan atau mata pelajaran lainnya.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Educational robotic, Vektor, Inkuiri terstruktur, Computational Thinking.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Sabilah Hairun Anis
Date Deposited: 24 Jun 2025 07:54
Last Modified: 24 Jun 2025 07:55
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80324

Actions (login required)

View Item View Item