Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) Berbasis Smartphone Untuk Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Kelas XI di SMA

Andini, Septi (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) Berbasis Smartphone Untuk Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Kelas XI di SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (202kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (461kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (383kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (317kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (437kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) terutama dalam dunia pendidikan, mendorong pendidik untuk terus-menerus memperbarui sistem pembelajaran, baik dari segi metode maupun media yang digunakan. Materi sistem pernapasan terutama pada sub materi mekanisme pernapasan merupakan salah satu materi yang dianggap sulit, dikarenakan materinya yang abstrak dan membutuhkan gambaran visualisasi untuk memahami materi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa media pembelajaran Augmented Reality berbasis smartphone untuk meningkatkan hasil dan minat belajar siswa pada materi sistem pernapasan kelas XI di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ASSURE sebagai patokan setiap langkah dalam melakukan penelitian. Uji coba produk pengembangan dilakukan untuk mendapatkan respon guru pada materi biologi dan respon siswa kelas XI di SMAN 11 Kota Jambi. Data penelitian didapatkan dari hasil penyebaran angket kepada guru dan siswa. Data tersebut kemudian dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan rumus persentase dan statistik seperti uji normalitas, uji homogenitas, uji mann-whitney, dan n-gain. Hasil n-gain score pada hasil belajar adalah 0,7153 atau 71,53% kategori “Tinggi” yang artinya media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar secara signifikan. Kemudian, hasil n-gain score minat belajar adalah 0,1843 atau 18,43% kategori “Kurang efektif”. Berdasarkan dari data yang didapatkan, dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan berupa media pembelajaran Augmented Reality berbasiswa smartphone layak diterapkan untuk mendukung proses pembelajaran. Media pembelajaran diketahui dapat meningkatkan hasil belajar siswa, sedangkan untuk meningkatkan minat belajar kurang efektif. Hal ini dapat terjadi karena ada faktor-faktor yang mempengaruhi minat siswa terhadap media pembelajaran. The advancement of science and technology (IPTEK), especially in the field of education, encourages educators to continuously update the learning system, both in terms of methods and media used. The respiratory system material, particularly the sub-material on the mechanism of respiration, is considered one of the difficult topics due to its abstract nature and the need for visual representation to understand the material. This research aims to develop a product in the form of smartphone-based Augmented Reality learning media to enhance student learning outcomes and interest in learning about the respiratory system material for Class XI in high school. This research is a development study that uses the ASSURE development model as a guideline for each step in conducting the research. Product trials were conducted to obtain responses from biology teachers and responses from Class XI students at SMAN 11 Kota Jambi. Research data were obtained from the distribution of questionnaires to teachers and students. The data were then analyzed quantitatively using percentage formulas and statistical tests such as normality test, homogeneity test, Mann-Whitney test, and n-gain. The n-gain score for learning outcomes was 0.7153 or 71.53%, categorized as "High," indicating that the learning media can significantly improve learning outcomes. Meanwhile, the n-gain score for interest in learning was 0.1843 or 18.43%, categorized as "Less Effective." Based on the data obtained, it can be concluded that the developed product in the form of smartphone-based Augmented Reality learning media is suitable for supporting the learning process. The learning media is known to improve student learning outcomes, while its effectiveness in increasing interest in learning is less effective. This may occur due to various factors that influence students' interest in the learning media.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Learning Media, Respiratory System, Smartphone.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Septi Andini
Date Deposited: 24 Jun 2025 07:49
Last Modified: 24 Jun 2025 07:50
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80325

Actions (login required)

View Item View Item