PENGEMBANGAN E-BOOKLET TERINTEGRASI STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATICS) PADA MATERI POLA HEREDITAS DAN EFEKTIVITASNYA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMA

Tarigan, Keren (2025) PENGEMBANGAN E-BOOKLET TERINTEGRASI STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATICS) PADA MATERI POLA HEREDITAS DAN EFEKTIVITASNYA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMA. S1 thesis, UNIVERTAS JAMBI.

[img] Text
Cover Keren.pdf

Download (171kB)
[img] Text
Scan 25 Jun 25 11·41·48.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB 1 Keren.pdf

Download (356kB)
[img] Text
BAB 5 Keren.pdf

Download (301kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (304kB)
[img] Text
Skripsi Full Keren.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)
Official URL: https://repository,unja.ac.id/

Abstract

Keberhasilan pembelajaran biologi dapat terpenuhi melalui pendekatan STEM. Pembelajaran yang terasa sulit pada kelas XII fase F ialah pola hereditas. Ditunjukkan dengan sebanyak 89% siswa dapat dioptimalkan hasil belajar kognitifnya. E-booklet menjadi bahan ajar yang mengandung konten multimedia, dikemas dengan ringkas dan mampu diakses secara online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan keefektifan produk yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ASSURE oleh Smaldino, et al (2012), yang terdiri atas 6 tahapan yaitu: (1) Analyze Learners, (2) State Objectives, (3) Select Methods, Media, and Materials, (4) Utilize Technology, Media, and Materials, (5) Require Learners Participation, dan (6) Evaluate and Revise. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data kuantitatif dari skor angket penilaian ahli, respon guru dan siswa yang diukur menggunakan skala likert, serta skor pretest dan posttest yang dianalisis melalui uji t-berpasangan menggunakan SPSS versi 27, kemudian diukur efektivitasnya menggunakan effect size Cohen’s d. Penelitian dilaksanakan di SMA N 2 Kota Jambi. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah XII F1 8 orang (kelompok kecil) dan kelas XII F2 (kelompok besar). E-booklet dinyatakan valid dan layak diujicobakan oleh ahli materi dengan persentase kelayakan 97 % (sangat layak) dan oleh ahli bahan ajar dengan persentase kelayakan 92,5% (sangat layak). Bahan ajar e-booklet praktis dalam penggunaan dan memiliki manfaat bagi pengguna. Persentase kepraktisan oleh guru bidang studi biologi sebesar 98 %, oleh kelompok kecil sebesar 96%, dan oleh kelompok besar sebesar 98% sehingga dinyatakan sangat praktis. E-booklet efektif meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dengan effect size Cohen’s d sebesar 3,36 berpengaruh besar pada level kognitif C6.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: E-booklet, STEM, Pola Hereditas, Hasil Belajar Kognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: KEREN HAPUKH BR TARIGAN
Date Deposited: 25 Jun 2025 07:06
Last Modified: 25 Jun 2025 07:06
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80409

Actions (login required)

View Item View Item