Setiana, Dwi (2025) Pengaruh Permainan Monopoli Hewan Terhadap Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Negeri 24 Suka Makmur Sungai Bahar Kabupaten Muaro Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (291kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (327kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (315kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (429kB) |
![]() |
Text
FUL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Setiana, Dwi. 2025. Pengaruh Penggunaan Permainan Monopoli Hewan Terhadap Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia 5-6 Tahun Kelompok B4 di TK Negeri 24 Suka Makmur Sungai Bahar Kabupaten Muaro Jambi: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing : (1) Nyimas Muazzomi, S.Ag., M.Pd.I. (2) Rizki Surya Amanda, M.Pd. Kata Kunci : Permainan Monopoli Hewan, Kemampuan Berpikir Simbolik Kemampuan berpikir simbolik anak usia dini perlu distimulasi namun masih terdapat beberapa anak yang kurang fokus saat mengikuti kegiatan pembelajaran, ada beberapa anak yang belum mampu mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan, terdapat anak yang belum mampu menyebutkan lambang bilangan dan menyelesaikan masalah penjumlahan sederhana, sebagian anak belum mampu menyebutkan hurf vocal dan konsonan serta sebagian anak belum mampu mempresentasikan berbagai macam benda dalam bentuk gambar dan tulisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan monopoli hewn terhadap kemampuan berpikir simbolik anak usia 5-6 tahun di TK Negeri 24 Suka Makmur Sungai Bahar Kabupaten Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi eksperimen design. Sampel pada penelitian ini adalah 40 anak dengan jumlah kelompok B2 17 anak dan kelompok B4 23 anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi nonparticipant. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan lembar observasi sebagai instrument yang telah diuji validasi. Teknil analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan independent sampel t-test (Uji T). Hasil dari analisis data menggunakan uji hipotesis uji-t independent sampel t-test diperoleh nilai signifikasi (2-tailed) 0,000< 0,05 dimana dapat diambil keputusan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan permainan monopoli hewan terhadap kemampuan berpikir simbolik anak usia 5-6 tahun di TK Negeri 24 Suka Makmur. Kemudian untuk melihat berapa besar pengaruh, dapat diketaui dengan perhitungan effect size menggunakan rumus cohen’s, besarnya pengaruh penggunaan permainan monopoli hewan terhadap kemampuan berpikir simbolik anak usia 5-6 tahun di TK Negeri 24 Suka Makmur sebesar 1,86. Sedangkan kriteria interpretasi berdasarkan tabel masuk dalam kategori strong effect. Berdasarkan hasil dari penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penggunaan permainan monopoli hewan berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir simbolik nak usia 5-6 tahun di TK Negeri 24 Suka Makmur Sungai Bahar Kabupaten Muaro Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Permainan Monopoli Hewan, Kemampuan Berpikir Simbolik |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | SETIANA |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 03:15 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 03:15 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80493 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |