Analisis Penguatan Civic Culture Pada Mata Kuliah Pendidikan Nilai dan Moral Mahasiswa PPKn Angkatan 2023 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi

Indra, Budiman Nasution (2025) Analisis Penguatan Civic Culture Pada Mata Kuliah Pendidikan Nilai dan Moral Mahasiswa PPKn Angkatan 2023 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB I (1).pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB V (1).pdf

Download (157kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (157kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (372kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (260kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Nst, Indra B. 2025. Analisis Penguatan Civic Culture Pada Mata Kuliah Pendidikan Nilai Dan Moral Mahasiswa PPKn Angkatan 2023 Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Tohap Pandapotan Simaremare, M.Pd., (II) Ridwan Santoso, M.Pd. Kata Kunci: Analisis, Civic Culture, Pendidikan Nilai Dan Moral. Permasalahan yang ditemukan pada mahasiswa angkatan 2023 Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi berupa mahasiswa yang menyalahgunakan AI dalam penyelesaian tugas, tidak menepati janji, membuang sampah sembarangan, dimana hal ini kurang menunjukkan perilaku Civic Culture mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi Penguatan Civic Culture pada mata kuliah pendidikan Nilai Dan Moral mahasiswa PPKn angkatan 2023 dan apa saja hambatan dalam Penguatan Civic Culture pada mata kuliah pendidikan Nilai Dan Moral mahasiswa PPKn angkatan 2023. Pendekatan dalam penelitian kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskripsi kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bawasanya strategi dosen pengampu mata kuliah Pendidikan Nilai Dan Moral dalam penguatan Civic Culture pada mata kuliah Pendidikan Nilai Dan Moral mahasiswa PPKn angkatan 2023 yaitu dengan menggunakan strategi metode pembelajaran Project Based learning (PJBl), Problem Based Learning (PBL) dan penyampaian disetiap awal pembelajaran dari tujuan dari mata kuliah ini. Kesimpulan yang didapatkan peneliti bahwa Civic Culture mahasiswa PPKn angkatan 2023 dapat dikatakan belum terlaksana dengan baik sepenuhnya dikarenakan beberapa hambatan dan strategi yang sepenuhnya belum di terapkan oleh mahasiswa. Dalam menggunakan metode pembelajaran PJBL dan PBL pada mahasiswa PPKn angkatan 2023, mahasiswa lebih memahami dan mampu menerapkan nilai dan moral yang berlaku di lingkungan Pendidikan, keluarga dan masyarakat.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Two Stay Two Stray, Jigsaw, Argumentasi, dan Hidrolisis Garam
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn
Depositing User: INDRA BUDIMAN NST
Date Deposited: 26 Jun 2025 08:25
Last Modified: 26 Jun 2025 08:26
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80548

Actions (login required)

View Item View Item