Widiyasih, Maharani (2025) Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Kumpulan Cerpen Majalah Bobo Edisi 50 Tahun. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK,.pdf Download (182kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (312kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (202kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (24kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (422kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI MAHARANI WIDIYASIH.pdf Download (831kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas nilai-nilai pendidikan karakter dalam kumpulan cerpen Majalah Bobo edisi 50 tahun. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah krisis moral yang semakin meningkat di kalangan remaja, seperti tawuran pelajar dan kenakalan remaja lainnya, menjadikan penanaman nilai-nilai pendidikan karakter melalui media bacaan menjadi semakin relevan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam kumpulan cerpen Majalah Bobo Edisi 50 Tahun. Data penelitian ini berupa data verbal yaitu nilai-nilai pendidikan karakter yang berupa narasi penulis dan dialog. sumber data dalam penelitian ini adalah kumpulan cerpen Majalah Bobo edisi 50 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kumpulan cerpen Majalah Bobo edisi 50 tahun mengandung 13 dari 18 nilai pendidikan karakter yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional (2010), yaitu: religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, rasa ingin tahu, nasionalisme, cinta tanah air, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial, dan tanggung jawab. Tokoh menunjukkan nilai religius dengan bersyukur dan bertawakal, peduli sosial melalui empati dan sikap menolong, tanggung jawab dengan menyelesaikan tugas, mengakui kesalahan, dan memperbaiki diri. Disiplin tampak dari kepatuhan terhadap aturan dan jadwal belajar, sedangkan kreatif terlihat dari cara unik menyelesaikan masalah. Tokoh juga menunjukkan rasa ingin tahu melalaui semangat belajar hal-hal baru, serta cinta damai dengan menyelesaikan konflik secara baik. Kerja keras tampak dari sikap pantang menyerah, nasionalisme lewat kebanggaan terhadap budaya dan persatuan, jujur melalui berkata apa adanya, toleransi dengan menghargai perbedaan, dan gemar membaca dari kebiasaan mendongeng. Secara keseluruhan, nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam kumpulan cerpen Majalah Bobo Edisi 50 tahun disampaikan dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami oleh pembaca, khususnya anak-anak. Kumpulan cerpen Majalah Bobo Edisi 50 Tahun tidak hanya berfungsi sebagai bacaan yang menarik bagi anak-anak, tetapi juga sebagai media yang efektif dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter pada anak. This study discusses the values of character education in the short story collection of Bobo Magazine, 50th edition. The problem underlying this study is the increasing moral crisis among teenagers, such as student brawls and other juvenile delinquency, making the instillation of character education values through reading media increasingly relevant. This study aims to describe the values of character education contained in the short story collection of Bobo Magazine, 50th Edition. The data for this study are verbal data, namely character education values in the form of author's narratives and dialogues. The data source in this study is the short story collection of Bobo Magazine, 50th edition. The results of the study indicate that the short story collection of Bobo Magazine, 50th edition contains 13 of the 18 character education values set by the Ministry of National Education (2010), namely: religious, honest, tolerance, discipline, hard work, creative, curiosity, nationalism, love of the homeland, love of peace, love of reading, social care, and responsibility. The characters show religious values by being grateful and trusting in God, social care through empathy and a helpful attitude, responsibility by completing tasks, admitting mistakes, and improving themselves. Discipline is seen from compliance with rules and study schedules, while creativity is seen from unique ways of solving problems. The characters also show curiosity through the spirit of learning new things, and love of peace by resolving conflicts well. Hard work is seen from an attitude of never giving up, nationalism through pride in culture and unity, honesty through saying things as they are, tolerance by respecting differences, and a love of reading from the habit of storytelling. Overall, the character education values contained in the collection of short stories in Bobo Magazine, 50th Edition are conveyed in simple language that is easy for readers to understand, especially children. The collection of short stories in Bobo Magazine, 50th Edition not only functions as interesting reading for children, but also as an effective medium in instilling character education values in children.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Cerpen, Majalah Bobo |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | MAHARANI WIDIYASIH |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 06:50 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 06:50 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80642 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |