Safitri, Rizki Amelia (2025) Pengembangan E-Modul Berbasis PMRI Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI_RIZKI AMELIA SAFITRI_A1C218063.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
![]() |
Text
COVER_RIZKI AMELIA SAFITRI_A1C218063.pdf Download (78kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN & PENGESAHAN_RIZKI AMELIA SAFITRI_A1C218063.pdf Download (616kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK_RIZKI AMELIA SAFITRI_A1C218063.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK_RIZKI AMELIA SAFITRI_A1C218063.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text
BAB I_RIZKI AMELIA SAFITRI_A1C218063.pdf Download (251kB) |
![]() |
Text
BAB V_RIZKI AMELIA SAFITRI_A1C218063.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN_RIZKI AMELIA SAFITRI_A1C218063.pdf Download (192kB) |
Abstract
Pembelajaran matematika pada kurikulum saat ini hendaknya dilakukan menggunakan pembelajaran berdiferensiasi, yang didukung dengan penggunaan teknologi agar dapat membantu siswa untuk mencari informasi dengan lebih leluasa serta kapanpun dan dimanapun. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar serta menguji kualitas E-Modul Berbasis PMRI untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP. Dalam pengembangan E-Modul, digunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan validasi ahli materi dan ahli desain. Penelitian ini melibatkan guru matematika kelas VIII SMP N 9 Kota Jambi serta siswa kelas VIII C sebagai uji coba kelompok kecil dan siswa kelas VIII E sebagai uji coba kelompok besar. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa instrumen validasi materi dan desain, instrumen praktikalitas oleh guru dan siswa, serta instrumen efektifitas berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil penelitian ini adalah suatu produk E-Modul yang dilihat kualitasnya berdasarkan kriteria valid, praktis dan efektif. Hasil produk E-Modul memenuhi kriteria “cukup valid”, diperoleh persentase 80% untuk validasi materi dan 70,76% untuk validasi desain yang terletak pada rentang skor 70,01%≤P_s<85,00% dan memenuhi kriteria cukup valid. Produk memenuhi kriteria “sangat praktis” yang dilihat dari hasil angket praktikalitas untuk guru dengan persentase 93,75% dn angket praktikalitas oleh siswa dengan persentase 92,5% yang terletak pada rentang skor 80%<P_t≤100% dan memenuhi kriteria sangat praktis. Produk memenuhi kriteria “sangat efektif” yang dilihat berdasarkan hasil perhitungan nilai N-Gain yang menunjukkan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yaitu 0,59 dengan persentase 59,37% yang termasuk dalam kategori cukup efektif. Disimpulkan bahwa E-Modul berbasis PMRI untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siwa layak diterapkan dalam proses pembelajaran dan dapat menjadi salah satu alternatif bahan ajar inovatif dalam mendukung pembelajaran berbasis PMRI serta peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Modul, PMRI, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | SAFITRI |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 04:06 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 04:06 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80745 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |