utami, chelly sonelvia (2025) . “Pengembangan e-LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) dilengkapi dengan Augmented Reality (AR) Sebagai Inovasi Pembelajaran pada Materi ikatan kimia Fase F Kelas XI SMA”. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (142kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (285kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (174kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (258kB) |
![]() |
Text
PDF Skripsi_Chelly Sonelvia Utami_A1C121067.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Utami, Chelly Sonelvia, 2025. “Pengembangan e-LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) dilengkapi dengan Augmented Reality (AR) Sebagai Inovasi Pembelajaran pada Materi ikatan kimia Fase F Kelas XI SMA”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Dra. Wilda Syahri, M. Pd. (II) Dra. Yusnidar, M.Pd. Kata kunci : e-LKPD, Ikatan Kimia, Problem Based Learning, Augmented Reality. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan e-LKPD, kelayakan menurut ahli materi, ahli media, penilaian guru dan respons peserta didik pada e-LKPD yang dikembangkan. Penelitian ini dilakukan di SMAN 4 Kota Jambi. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada siswa dan wawancara dengan guru bidang studi kimia. Setelah itu dilakukan validasi ahli materi, ahli media sehingga didapat penilaian guru dan respon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Lee & Owens. Hasil penelitian diperoleh penggunaan e-LKPD dapat membantu terlaksananya pembelajaran kimia yang lebih efektif, mandiri dan mampu meningkatkan pemahaman materi peserta didik yang fleksibel dan praktis dengan visualisasi bahan ajar yang menarik. PBL (Problem Based Learning) adalah sebuah model pembelajaran yang menekankan pada pemecahan masalah sebagai pemicu belajar. Rerata skor dari ahli materi sebesar 3,9 (Layak), ahli media sebesar 4,8 (Sangat Layak). Selanjutnya penilaian guru sebesar 5 (Sangat Layak), serta mendapat respons sangat baik oleh peserta didik dengan persentase uji coba satu-satu 82,67% dan uji coba kelompok kecil sebesar 92,2%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa e-LKPD ikatan kimia berbasis PBL dilengkapi dengan AR dinyatakan layak oleh ahli materi, ahli media, dan guru serta mendapatkan respons sangat baik oleh peserta didik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-LKPD, Ikatan Kimia, Problem Based Learning, Augmented Reality |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | CHELLY SONELVIA UTAMI |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 03:58 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 03:58 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80774 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |