Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Kinerja Guru dengan budaya organisasi Sebagai Variabel Intervening Pada Smp N 12 Sungai penuh

Atma Dewi, Lisa (2025) Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Kinerja Guru dengan budaya organisasi Sebagai Variabel Intervening Pada Smp N 12 Sungai penuh. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (34kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (124kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (53kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (532kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja guru dengan budaya organisasi sebagai variabel intervening pada SMP Negeri 12 Sungai Penuh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian causal study. Dalam penelitian ini populasi yaitu kepala sekolah dan semua guru-guru yang mengajar di SMP N 12 Sungai Penuh berjumlah 30 guru. Sampel menggunakan total sampling maka penulis mengambil 100% jumlah populasi yang ada di SMP Negeri 12 Sungai Penuh yaitu sebanyak 30 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan SEM PLS. Hasil penelitian menunjukkan kinerja guru SMP Negeri 12 Sungai Penuh tergolong tinggi (125,33) dengan keunggulan kompetensi pedagogik dan kepribadian yang mencapai kategori sangat tinggi. Kepemimpinan kepala sekolah tergolong baik (124,87) dengan komunikasi sebagai aspek terbaik yang mencapai kategori sangat baik, serta budaya organisasi (124,83) yang kuat dalam orientasi hasil dan stabilisasi yang mencapai kategori sangat kuat. Hasil penelitian menunjukkan kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dengan koefisien jalur 0.423 (T-Statistics 5.096, P-Values 0.000). Kepemimpinan juga berdampak signifikan terhadap budaya organisasi dengan koefisien 0.736 (T-Statistics 12.912, P-Values 0.000). Selain itu, budaya organisasi berpengaruh positif terhadap kinerja guru dengan koefisien 0.565 (T-Statistics 7.244, P-Values 0.000). Kepemimpinan juga berpengaruh terhadap kinerja guru melalui budaya organisasi sebagai variabel intervening dengan koefisien jalur tidak langsung 0.416 (T-Statistics 6.500, P-Values 0.000). Ini membuktikan budaya organisasi sebagai mediator parsial dalam hubungan kepemimpinan dan kinerja guru. Kata Kunci: Kepemimpinan, Kinerja, Budaya Organisasi.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Kinerja, Budaya Organisasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: DEWI
Date Deposited: 01 Jul 2025 06:58
Last Modified: 31 Jul 2025 07:57
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80823

Actions (login required)

View Item View Item