Pratiwi, Adisti Ardi (2025) Pengaruh Literasi Sains terhadap Keterampilan Komunikasi Tulisan Siswa di SMA Negeri 12 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI ADISTI ARDI PRATIWI.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (72kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (446kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (337kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (234kB) |
Abstract
Pratiwi, Adisti Ardi. 2025. Pengaruh Literasi Sains terhadap Keterampilan Komunikasi Tulisan Siswa di SMA Negeri 12 Kota Jambi. Skripsi Prodi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing (1) Dr. Ali Sadikin, S.Pd.I., M.Pd. Pembimbing (II) Muhammad Yusuf, M.Pd. Kata Kunci: Keterampilan Komunikasi Tulisan, Korelasional, Literasi Sains Pendidikan abad ke-21 menuntut siswa untuk menguasai keterampilan 4C (critical thinking, communication, collaboration, creativity). Salah satu keterampilan yang diinterpretasikan adalah keterampilan komunikasi. Berdasarkan hasil wawancara bersama guru biologi SMA Negeri 12 Kota Jambi, siswa masih kesulitan dalam menulis atau mengemukakan ide secara argumentatif. Hal tersebut dapat dipengaruhi oleh banyak faktor pendidikan salah satunya literasi sains. Secara teoritis, literasi sains dan keterampilan komunikasi memiliki keterkaitan yang kuat. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan dan pengaruh literasi sains terhadap keterampilan komunikasi tulisan siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain korelasional yang dilakukan pada 88 siswa kelas XII di SMA Negeri 12 Kota Jambi yang dipilih melalui purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa rubrik penilaian literasi sains dan keterampilan komunikasi tulisan siswa yang diukur menggunakan tes esai. Data dianalisis menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan sedang antara literasi sains dan keterampilan komunikasi tulisan siswa dengan nilai koefisien korelasi (r) = 0,437 dan literasi sains berpengaruh sedang terhadap keterampilan komunikasi tulisan dengan nilai koefisien determinasi (r2) = 0,191. Hasil uji regresi linier menunjukkan nilai koefisien regresi sebesar 0,388. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan dan pengaruh yang sedang antara literasi sains terhadap keterampilan komunikasi tulisan siswa dengan nilai prediksi keterampilan komunikasi tulisan meningkat 0,388 apabila literasi sains meningkat 1 poin.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Pratiwi |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 07:26 |
Last Modified: | 22 Oct 2025 03:42 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80859 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |