Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Pelayanan Di PDAM Tirta Sakti Kabupaten Kerinci Kecamatan Air Hangat Timur

Hardianti, Sela Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Pelayanan Di PDAM Tirta Sakti Kabupaten Kerinci Kecamatan Air Hangat Timur. Tingkat Kepuassan Pelanggan Terhadap Kualitas Pelayanan Di PDAM Tirta Sakti Kabupaten Kerinci Kecamatan Air Hangat Timur.

[img] Text
Sela Hardianti H1A120030.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Cover .pdf

Download (38kB)
[img] Text
lembar persetujuan dan pengesahan.pdf

Download (178kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (640kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (205kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (329kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya kualitas pelayanan publik, khususnya pada perusahaan daerah air minum (PDAM), yang berdampak langsung pada kepuasan masyarakat. PDAM Tirta Sakti Kabupaten Kerinci, Kecamatan Air Hangat Timur, sebagai penyedia layanan air bersih, masih menghadapi beberapa keluhan pelanggan terkait pelayanan yang belum optimal, seperti gangguan aliran air dan tagihan yang tidak sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan PDAM Tirta Sakti. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Populasi penelitian adalah masyarakat pengguna PDAM di Kecamatan Air Hangat Timur dengan sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda untuk melihat hubungan antara variabel kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan PDAM Tirta Sakti secara signifikan mempengaruhi kepuasan pelanggan. Unsur kualitas pelayanan seperti keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati memiliki tingkat positif terhadap kepuasan pelanggan. Faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi kepuasan pelanggan adalah keandalan pelayanan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat tingkat kepuasan yang signifikan pada kualitas pelayanan di PDAM tirta sakti. Oleh karena itu, disarankan agar PDAM meningkatkan kualitas pelayanannya, terutama dalam hal keandalan dan responsivitas terhadap keluhan pelanggan. Kata kunci: Kepuasan pelanggan, Kualitas Pelayanan, PDAM, Tirta Sakti, air bersih, Kabupaten Kerinci.

Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Hardianti
Date Deposited: 01 Jul 2025 07:49
Last Modified: 01 Jul 2025 07:50
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80864

Actions (login required)

View Item View Item