Putri, Jusnia (2025) Pengaruh Literasi Sains terhadap Keterampilan Kolaborasi Siswa di SMA Negeri 12 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (471kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (245kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (140kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (137kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (222kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Putri, Jusnia. 2025. Pengaruh Literasi Sains terhadap Keterampilan Kolaborasi Siswa di SMA Negeri 12 Kota Jambi. Skripsi Prodi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing (1) Dr. Ali Sadikin, S.Pd.I., M.Pd. Pembimbing (II) Muhammad Yusuf, M.Pd. Kata Kunci: Keterampilan Kolaborasi, Korelasional, Literasi Sains Abad ke-21 ditandai dengan kemajuan pesat dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, yang menuntut perubahan mendasar dalam dunia pendidikan. Pembelajaran abad ke-21 menekankan pada pengembangan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi. Di era globalisasi dan digitalisasi, literasi sains dan keterampilan kolaborasi menjadi dua kompetensi penting yang harus dimiliki oleh siswa. Literasi sains melibatkan kemampuan untuk menerapkan pengetahuan tersebut dalam kehidupan nyata secara logis dan berbasis bukti dan keterampilan kolaborasi memungkinkan siswa bekerja sama secara efektif dalam menyelesaikan permasalahan melalui pertukaran ide dan diskusi. Berdasarkan hasil wawancara bersama guru biologi SMA Negeri 12 Kota Jambi, guru memberikan catatan bahwa keterampilan kolaborasi siswa masih kurang efektif dan beberapa siswa cenderung pasif serta kesulitan bekerja sama dalam tim. Hal tersebut dapat dipengaruhi oleh banyak faktor pendidikan. Pada banyak kajian penelitian, literasi sains merupakan salah satu faktor yang kuat dalam pembelajaran. Secara teoritis, literasi sains dan keterampilan kolaborasi memiliki keterkaitan yang kuat satu sama lainnya. Oleh karena itu, peneliti memprediksi bahwa literasi sains merupakan faktor yang cenderung berpengaruh terhadap keterampilan kolaborasi. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan dan pengaruh literasi sains terhadap keterampilan kolaborasi siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data berupa rubrik penilaian literasi sains dan keterampilan kolaborasi. Instrumen tes berupa tes esai untuk mengukur literasi sains dan instrumen pengukuran keterampilan kolaborasi siswa berupa lembar observasi. Data dianalisis menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara literasi sains dengan keterampilan kolaborasi siswa. Selain itu, literasi sains berpengaruh besar terhadap keterampilan kolaborasi siswa dengan nilai prediksi keterampilan kolaborasi meningkat 0,509 apabila literasi sains meningkat 1 poin.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Kolaborasi, Korelasional, Literasi Sains |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | PUTRI |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 07:37 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 07:37 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80870 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |