Muspawi, Mohamad (2018) Implementasi Supervisi Keuangan pada MAN INSAN Cendekia Provinsi Jambi. Jurnal Sains Sosio Humaniora LPPM Universitas Jambi, 2 (1). pp. 16-24. ISSN 2580-2305
Text
,Implementasi Supervisi Keuangan.,..pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi nyata implementasi supervisi keuangan pada MAN Insan Cendekia provinsi Jambi. Dimana kebaradaan MAN Insan Cendekia provinsi Jambi merupakan rujukan lembaga pendidikan berbasiskan agama Islam di provinsi Jambi dalam hal kualitas kelembagaannya. Target khusus yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah: 1). Bagaimana implementasi supervisi keuangan di MAN Insan Cendekia Provinsi Jambi?. 2). Apa saja kendala implementasi supervisi keuangan di MAN Insan Cendekia Provinsi Jambi?. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, yang mana peneliti menguraikan temuan penelitian secara naratif. Teknik pengumpulan data yang gunakan adalah teknik obervasi, dokumentasi, dan wawancara. Untuk mengecek validitas data maka penulis melakukan ketekunan pengamatan, triangulasi, member check, audit trail. Dan untuk menganalisis data maka penulis melakukan penelaahan dan reduksi data, unitisasi data, kategorisasi data, dan interpretasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Implementasi supervisi keuangan di MAN Insan Cendekia Provinsi Jambi dilaksanakan dalam bentuk: a. Supervisi dengan pemantauan langsung harian. b. Supervisi berdasarkan penilaian laporan bulanan. c. Supervisi melalui pelatihan internal. 2. Kendala implementasi supervisi keuangan di MAN Insan Cendekia Provinsi Jambi sebagai berikut: a. Tingginya kesibukan kepala Madrasah. b. Staf keuangan ada yang sakit ketika disupervisi. Kata Kunci: Implementasi, Supervisi, Pembiayaan.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Muspawi |
Date Deposited: | 21 Jun 2019 07:21 |
Last Modified: | 21 Jun 2019 07:21 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8088 |
Actions (login required)
View Item |