ANALISIS GAYA BELAJAR DAN KESULITAN GAYA BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI 13 KOTA JAMBI

Noventa, Hanny Dio and Anggereini, Evita and Aina, Mia (2025) ANALISIS GAYA BELAJAR DAN KESULITAN GAYA BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI 13 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
1. cover dan halaman depan.pdf

Download (26kB)
[img] Text
2. hal. persetujuan, pengesahan, pernyataan, motto, abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. abstract.pdf

Download (123kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
5. BAB 5.pdf

Download (4MB)
[img] Text
6. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI FIX (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya dan kesulitan gaya belajar siswa pada pembelajaran biologi di SMA Negeri 13 Kota Jambi dalam kurikulum merdeka. Berfokus pada analisis jenis gaya belajar yang dominan di kalangan siswa, serta mengukur tingkat kesulitan dalam memahami materi Biologi. Kini terkhususnya pada kurikulum merdeka proses pembelajaran tidak sepenuhnya difokuskan oleh guru, melainkan guru bertindak sebagai fasilitator siswa dalam mengembangkan pemahaman dan keterampilan mereka. Salah satu upaya tersebut dengan mengetahui gaya belajar dan kesulitan belajar siswa-siswi agar dapat merancang kegiatan pembelajaran inovatif sesuai dengan karakteristik mereka. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan kuesioner. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 13 Kota Jambi pada tahun ajaran 2023/2024 dengan subjek uji coba 3 orang guru biologi sebagai data penunjang. Mengambil sampel siswa kelas X SMA Negeri 13 Kota Jambi yang diambil secara acak sebanyak 80 siswa sebagai data utama. Setelah data diperoleh, data dianalisis secara dengan menggunkan SPSS. Hasil distribusi frekuensi menunjukkan dominasi gaya belajar visual (46,25%), diikuti kinestetik (36,25%) dan auditori (33,8%). Namun, nilai rata-rata tertinggi terdapat pada gaya auditori (12,06), mengindikasikan preferensi yang lebih kuat. Kesulitan belajar tertinggi ditemukan pada gaya kinestetik (63,75%), dan secara deskriptif rata-rata kesulitan tertinggi justru pada gaya visual (12,69%). Temuan ini menunjukkan bahwa gaya belajar bersifat kombinatif dan tidak selalu mencerminkan preferensi belajar yang efektif, sehingga diperlukan strategi pembelajaran yang variatif dan adaptif sesuai prinsip diferensiasi Kurikulum Merdeka.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: NOVENTA
Date Deposited: 08 Jul 2025 04:05
Last Modified: 08 Jul 2025 04:05
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/80929

Actions (login required)

View Item View Item